Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi PT. Integra Citra Solusi (Nethost) dengan Menggunakan COBIT 5 Pada Domain BAI (Build, Acquire and Implement)

NINDIA PUTRI HANDANI

Informasi Dasar

16.04.1344
657.458
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dengan kemajuan teknologi saat ini, membuat kebutuhan teknologi informasi tidak bisa dielakan lagi, terlebih pada perusahaan maupun organisasi. Hal ini dikarenakan sebagian besar kegiatan operasional maupun manajemen data pada sebuah perusahaan dilakukan secara komputerisasi sehingga adanya teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan dalam mendukung proses dan tujuan bisnisnya. PT. Integra Citra Solusi (Nethost) merupakan perusahaan yang menyediakan jasa layanan ISP (Internet Service Provider) yang memiliki total 4046 pelanggan. Dengan adanya penambahan pelanggan secara terus-menerus, menimbulkan kendala yang terjadi pada pengelolaan sistem informasi Nethost. Untuk menemukan solusi dari kendala yang ada agar dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan serta penerapan teknologi informasi Nethost, maka dilakukan proses audit tata kelola teknologi informasi (IT Governance) dengan menggunakan framework COBIT 5 yang berfokus pada domain BAI (Build, Acquire and Implement) yang berisikan 10 sub-domain. Proses audit diawali dengan merancang daftar pertanyaan sesuai dengan standar COBIT 5, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner dan analisis ketersediaan dokumen. Proses tersebut dilakukan untuk mendapatkan capability level saat ini yang menjadi acuan untuk meningkatkan capability level dalam proses pengembangan teknologi informasi Nethost selanjutnya. Hasil audit menunjukan capability level terendah berada pada sub-domain BAI 09 yaitu Manage Asset sehingga akhir dari proses penelitian ini memberikan rekomendasi berupa produk aplikasi khususnya untuk pengelolaan aset dan lembar kerja untuk keseluruhan sub-domain yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menyelesaikan kendala yang ada dan meningkatkan capability level tata kelola teknologi informasi Nethost.

Kata Kunci: audit, tata kelola teknologi informasi, COBIT 5, domain BAI, level kapabilitas

Subjek

AUDIT INTERNAL
 

Katalog

Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi PT. Integra Citra Solusi (Nethost) dengan Menggunakan COBIT 5 Pada Domain BAI (Build, Acquire and Implement)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NINDIA PUTRI HANDANI
Perorangan
Mira Kania Sabariah, Gede Agung Ary Wisudiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini