Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi PT. Integra Citra Solusi (Nethost) dengan Menggunakan COBIT 5 Pada Domain DSS (Deliver, Service, and Support)

MEIROSA DWI NUGRAHENI

Informasi Dasar

16.04.1334
657.458
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pengelolaan Teknologi Informasi dapat digunakan untuk menjamin efesiensi dan pencapaian kualitas layanan yang baik bagi tujuan bisnis setiap perusahaan atau suatu lembaga. Teknologi Informasi (TI) yang baik perlu diatur agar dapat dimanfaatan dengan baik. Tindak untuk mengatur TI disebut dengan tata kelola TI. Tata kelola TI yang dijalankan dengan baik dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuan proses bisnisnya. Tata kelola TI sendiri membutuhkan audit yang bertujuan untuk mengevaluasi dan memastikan kebutuhan yang dibutuhkan untuk memenuhi tujuan proses bisnisnya yang ditinjau dari pendekatan objektif dari suatu standar. PT.Integra Citra Solusi merupakan salah satu perusahan penyedia layanan ISP (Internet Service Protocol) yang mengimplementasikan tata kelola TI untuk meningkatkan manajemen kualitas teknologi informasi. Namun dengan peningkatan jumlah user yang terus meningkat, menyebabkan masalah pada tata kelola teknologi informasi terutama pada infrastruktur, layanan dan dukungan operasional. PT. Integra Citra Solusi perlu mengevaluasi dan mengembangkan infrastruktur, layanan dan dukungan operasional, agar seimbang antara jumlah user dengan infrastruktur, layanan dan dukungan operasional. Sampai saat ini PT Integra Citra Solusi belum dapat mengetahui sejauh mana manfaat dan dampak yang diperoleh dari penerapan TI tersebut terhadap progresivitas pencapaian tujuan dikaitkan dengan pengelolaan sistem informasi, apa yang menjadi kekurangan, serta apa tawaran solusinya. Standar audit yang digunakan adalah Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT) 5, karena berfokus pada tata kelola maupun manajemen dan memiliki kontrol untuk setiap proses TI. Domain COBIT 5 yang dipilih adalah domain Deliver, Service, dan Support (DSS) yang fokus pada penilaian pengiriman dan layanan teknologi informasi serta dukungannya terhadap proses bisnis yang berlangsung termasuk pengelolaan masalah agar keberlanjutan proses bisnis tetap terjaga serta bagaimana mengontrol proses bisnis, mengevaluasi, dan merencanakan secara jangka panjang proses bisnis kedepan.

Kata Kunci : Audit, Teknologi Informasi, Tata Kelola , COBIT 5, domain DSS, PT Integra Citra Solusi.

Subjek

AUDIT INTERNAL
 

Katalog

Evaluasi Tata Kelola Teknologi Informasi PT. Integra Citra Solusi (Nethost) dengan Menggunakan COBIT 5 Pada Domain DSS (Deliver, Service, and Support)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MEIROSA DWI NUGRAHENI
Perorangan
Mira Kania Sabariah, Gede Agung Ary Wisudiawan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Informatika
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini