PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL PID UNTUK KESEIMBANGAN SEPEDA

BAYU SATYA ADHITAMA

Informasi Dasar

16.04.1248
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sepeda adalah salah satu kendaraan yang cukup umum digunakan oleh kebanyakan orang. Kecanggihan teknologi zaman sekarang berhasil merubah bentuk-bentuk sepeda beserta kemampuannya. Tetapi masih banyak teknologi yang diterapkan di kendaraan lain seperti mobil, kapal, dan pesawat yang tidak diterapkan pada sepeda. Salah satu teknologi tersebut adalah sistem automasi pada sepeda. Sistem automasi untuk diterapkan pada sepeda dapat bermacam-macam termasuk mengontrol keseimbangan pada sepeda secara otomatis. Kontrol otomatis keseimbangan pada sepeda akan sangat berguna bagi perkembangan teknologi pada sepeda itu sendiri.

Untuk membuat sistem keseimbangan otomatis pada sepeda, sepeda harus mampu mendeteksi kemiringan yang dialami oleh sepeda itu sendiri yang pada penelitian ini menggunakan sensor accelerometer dan gyroscope. Nilai kemiringan yang terdeteksi digunakan sebagai acuan pergerakan motor yang terdapat pada steering. Selain itu, pada penelitian ini menggunakan desain mekanik sepeda pada umumnya dan ditambah beberapa part tambahan yang dapat membantu sepeda lebih seimbang.

Berdasarkan hasil ujicoba dan analisis alat, nilai konstanta PID yang paling tepat digunakan pada plant sehingga sepeda dapat berjalan dengan stabil adalah Kp=300, Ki=0, Kd = 83.

Subjek

CONTROL-SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI KONTROL PID UNTUK KESEIMBANGAN SEPEDA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAYU SATYA ADHITAMA
Perorangan
Erwin Susanto, Ramdhan Nugraha
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini