PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI GERAK PADA SKUTER DUA RODA SEIMBANG OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE PID BERBASIS MIKROKONTROLLER

FIKRI DZURAEKA PUTRA

Informasi Dasar

16.04.1236
620.007
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teknologi pada bidang transportasi saat ini berkembang sangat pesat, ditunjukkan oleh munculnya sebuah kendaraan canggih dan praktis, yaitu self balance scooter. Self balance scooter disebut sebagai skuter seimbang karena kemampuan untuk berdiri seimbang dengan ditopang oleh dua buah roda di sisi kanan dan kiri. Self balance scooter dikendalikan menggunakan sistem kendali PID, sehingga self balance scooter dapat berjalan maju dan mundur.

Pada tugas akhir ini, penulis merancang sebuah Self balance Scooter menggunakan mikrokontroller sebagai pusat sistem kendali dengan pengolahan kecepatan motor menggunakan metode PID. Sensor pendukung yang digunakan antara lain sensor percepatan sudut menggunakan accelerometer dan sensor sudut menggunakan gyroscope, sehingga Self balance Scooter dapat berjalan dengan menggunakan massa tubuh sebagai acuan geraknya.

Setelah mendapat nilai pembacaan sensor, data akan diproses dengan Kontroler PID untuk mengatur arah dan kecepatan, sehingga sistem self balance scooter ini dapat berjalan maju dan mundur. Dengan optimal daya yang dikeluarkan sedikit, sehingga mampu bertahan hingga waktu yang lama. Dari hasil percobaan PID, diperoleh nilai yang optimal dari parameter PID, Kp = 8.0; Ki = 3.0 dan Kd = 6.0. Kata kunci : PID, accelerometer, gyroscope, mikrokontroller, Self Balance Scooter.

Subjek

ELECTRIC VEHICLES-DESIGN AND CONSTRUCTION AUTOMOBILES
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KENDALI GERAK PADA SKUTER DUA RODA SEIMBANG OTOMATIS MENGGUNAKAN METODE PID BERBASIS MIKROKONTROLLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIKRI DZURAEKA PUTRA
Perorangan
Mohammad Ramdhani, Cahyantari Ekaputri
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini