PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM DAN HARMONIC PRODUCT SPECTRUM PADA PLATFORM ANDROID

INDRA BARI YULIO

Informasi Dasar

16.04.1197
621.382
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Musik tak lepas dalam kehidupan sehari-hari, dimana kini setiap orang bisa bebas bermain musik. Alat musik yang relatif paling mudah digunakan adalah gitar. Terlepas dari kemudahan memainkannya, gitar juga memiliki sebuah permasalahan yaitu senar gitar akan fals jika sudah lama dipakai atau hanya sekedar dibiarkan saja. Kalau ini terjadi, kita harus menyetem ulang tiap senar yang ada di gitar. Cara menyetem gitar cukup sulit bagi pemula, karena sangat mengandalkan kemampuan pendengaran.

Solusi termudahnya adalah dengan menggunakan tuner gitar elektronik, namun alat tersebut cukup mahal dan kurang fleksibel untuk dibawa kemana-mana. Dalam tugas akhir ini akan dibuat sebuah tuner gitar berupa aplikasi android dengan menggunakan metode Fast Fourier Transform dan Harmonic Product Spectrum.

Proses pengujian keberhasilan sistem tuner gitar adalah dengan cara menghitung akurasi. Akurasi terbesar ketika hasil frekuensi dan frekuensi standar dibandingkan adalah 99.95%. Ini berarti sistem sudah cukup baik dan mirip dengan frekuensi standar. Ketika sistem dibandingkan dengan tuner elektrik, diperoleh akurasi 90%. Sedangkan ketika sistem dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang ada di playstore, diperoleh akurasi 91.667%. Hal ini menunjukkan algoritma yang dipakai sudah cukup optimal.

Kata kunci : Guitar Tuner, FFT, HPS, Pengenalan nada, Android

Subjek

SIGNAL PROCESSING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI TUNER GITAR BERBASIS FAST FOURIER TRANSFORM DAN HARMONIC PRODUCT SPECTRUM PADA PLATFORM ANDROID
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDRA BARI YULIO
Perorangan
INUNG WIJAYANTO, EKO SUSATIO
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

  • TT3113 - PENGOLAHAN SINYAL DIGITAL
  • TTG4K3 - PENGOLAHAN SINYAL BICARA
  • FEH2L3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU KONTINYU
  • FEH3A3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU DISKRIT
  • TTH4M3 - APLIKASI BERGERAK
  • TTH4O3 - SPEECH PROCESSING
  • TTI2I3 - PENGOLAHAN SINYAL WAKTU KONTINYU

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini