PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIRECTIONAL FEATURE EXTRACTION DAN SUPPORT VECTOR MACHINES UNTUK MENERJEMAH KATA DENGAN PENGENALAN HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID

FARDILLA ZARDI PUTRI

Informasi Dasar

16.04.1129
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Pada era global ini menguasai bahasa lain merupakan salah satu kebutuhan penting yang harus dimiliki setiap orang. Banyak orang berkunjung ke negara lain untuk melakukan banyak kegiatan seperti bekerja, belajar bahkan untuk liburan, salah satunya negara jepang. Negara Jepang memiliki bentuk huruf yang berbeda dengan huruf latin pada umumnya. Untuk mempelajari Bahasa Jepang tersebut dibutuhkan pemahaman dengan huruf-hurufnya. Disisi lain, seiring dengan berkembangnya teknologi salah satunya Android sebagai Operating System yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Android bersifat open source, hal ini memungkinkan pengguna menambahkan aplikasi sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, maka dibuat sebuah aplikasi penerjemahan kata dalam bahasa jepang yang dimana katanya terdiri dari huruf dasar hiragana jepang.

Pada penelitian tugas akhir ini dirancang sebuah aplikasi penerjemah kata dalam Bahasa Jepang ke Bahasa Indonesia pada smartphone berbasis Android. Prinsip dasar yang digunakan pada aplikasi ini adalah Optical Character Recognition (OCR) untuk mengenali kata Bahasa Jepang yang tertangkap oleh kamera smartphone. Pada penelitian ini digunakan metode Directional Feature Extraction (DFE) sebagai metode untuk mengekstrak setiap ciri masing-masing huruf jepang yang menjadi masukan. Kemudian ciri tersebut akan dicocokan dengan data latih yang terdiri dari 104 jenis huruf hiragana jepang. Dan akhirnya, aplikasi akan menampilkan terjemahan dari kata masukan kepada pengguna.

Pengujian yang dilakukan memberikan hasil parameter terbaik untuk aplikasi adalah pada resolusi citra 4128x3096 dan 5312x2988 piksel dan kata masukan terdiri atas dua dan tiga silabel. Tingkat akurasi terbaik yang dicapai adalah 85.71% dan 91.42%. Pengujian juga menunjukkan bahwa kecepatan clock prosesor device berpengaruh linier terhadap waktu respons sistem. Hasil Pengujian Beta atas empat poin, yaitu tampilan aplikasi, waktu respons sistem, ketepatan penerjemahan, dan manfaat aplikasi menunjukkan aplikasi dapat diklasifikasikan sebagai baik.

Kata Kunci: Optical Character Recognition, Directional Feature Extraction, Support Vector Mechine, Android

Subjek

ANDROID PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI DIRECTIONAL FEATURE EXTRACTION DAN SUPPORT VECTOR MACHINES UNTUK MENERJEMAH KATA DENGAN PENGENALAN HURUF HIRAGANA DALAM BAHASA JEPANG KE BAHASA INDONESIA BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARDILLA ZARDI PUTRI
Perorangan
Budhi Irawan, Umar Ali Ahmad
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Komputer
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini