PEMBINGKAIAN BERITA TEROR BOM SARINAH OLEH ISIS (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Pada Portal Berita Tempo.co dan Kompas.com Periode 14 Januari – 23 Januari 2016)

NELA PRISITIA A.

Informasi Dasar

16.04.1084
070.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Media online adalah salah satu dampak positif yang diakibatkan oleh perkembangan media massa setelah adanya internet. Salah satu keuntungan adanya media online adalah penyebaran berita yang tidak lagi membutuhkan waktu yang lama seperti media massa konvensional, yang membutuhkan waktu berjam jam dan bahkan ber hari-hari. Kini dalam hitungan detik saja berita dapat disebarkan dengan mudah bahkan untuk memperolehnya tidak mengeluarkan biaya lagi. Media massa, termasuk media online pasti tidak akan jauh dari pemberitaan. Bahkan cenderung berita di media online juga dipengaruhi oleh ideologi kepemilikan media itu sendiri. Penulisan ini mengamati bagaimana portal berita nasional Tempo.co dan Kompas.com periode 14 Januari – 23 Januari dalam membingkai beritanya tentang kasus teror bom di Sarinah yang terjadi Januari 2016 lalu. Penulisan ini dilakukan menggunakan metode analisis Framing oleh Zhongdang Pan dan Kosicki. Teori yang juga digunakan dalam skripsi ini adalah teori konstruksi realitas, konglomerasi media dan ideologi media. Hasil penulisan menunjukkan bahwa Tempo.co membangun bingkai beritanya cenderung menyudutkan ISIS dimana merupakan sebuah kelompok radikal Islam dunia. Disisi lain, Kompas.com membingkai beritanya dengan tidak menyudutkan pihak ISIS dan penggunaan bahasa yang lebih sopan.

Kata kunci : Media Online, Teror Bom, Framing Pan Dan Kosicki, Ideologi Media.

Subjek

BROADCAST
 

Katalog

PEMBINGKAIAN BERITA TEROR BOM SARINAH OLEH ISIS (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki Pada Portal Berita Tempo.co dan Kompas.com Periode 14 Januari – 23 Januari 2016)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NELA PRISITIA A.
Perorangan
Lucy Pujasari Supratman, Catur Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini