Panduan Praktis Fikih Islam Perniagaan Islam (Berbisnis dan Berdagang Sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam)

Muhamad Arifin bin Badri

Informasi Dasar

16.01.557
297.273
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
6b

Islam sangat mencela perbuatan meminta-minta, dan sebaliknya sangat menganjurkan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Ini adalah nasihat pertama yang disajikan penulis di awal buku ini. Bahkan penulis kemudian menyebutkan banyak hikmah dari haramnya meminta-minta dalam Islam, yang patut menjadi bahan renungan bagi setiap Muslim, agar menjadi seorang yang bermartabat dan tidak menghinakan diri menjadi peminta-minta.

Dan salah satu mata pencaharian yang terhormat dan mendatangkan berkah adalah berdagang dan berbisnis secara umum, bahkan penulis menyebutkan berbagai keutamaan berdagang.

Buku ini mengulas secara panjang lebar prinsip-prinsip dasar perdagangan dan bisnis dalam Islam. Inilah inti dari buku ini, yang dengan mengkajinya dan menerapkannya secara baik, bisnis seorang Muslim dapat bernilai ibadah dan mendapatkan ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena sejalan dengan syariat dan sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Ini sangat penting dicermati setiap pedagang dan pebisnis Muslim, karena kajian buku ini tidak saja berbasis ilmiah, tetapi juga faktual dan lengkap dengan studi kasus yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia, sehingga terintegritas sebagai kebutuhan akademisi maupun praktisi.

Hal ini kemudian dikukuhkan dengan pembahasan pokok yang lain, yaitu syarat-syarat sah akad jual beli, lengkap dengan berbagai penerapannya dalam berbagai kasus di masyarakat.

Semua kajian dalam buku ini berdasarkan dali-dalil yang kokoh dari al-Qur’an dan as-Sunnah, dengan penerapan kaidah-kaidah fikih dan ushul fikih, serta tarjih pendapat para ulama. Maka buku ini, bagaikan membentangkan satu jembatan emas untuk dua gapaian sekaligus; sukses menjadi pebisnis sesuai Syariat dan meraih keridhaan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Subjek

Islam - economics
 

Katalog

Panduan Praktis Fikih Islam Perniagaan Islam (Berbisnis dan Berdagang Sesuai Sunnah Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam)
978-979-1254-97-7
xvi, 231p.: il,: 24,5cm
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Muhamad Arifin bin Badri
Perorangan
 
 

Penerbit

Darul Haq
Jakarta
2015

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini