Impression Management Mahasiswa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Dikalangan Mahasiswa Univeritas Telkom)

DINI ROSIANA DEWI

Informasi Dasar

16.04.919
302.207 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Instagram memiliki peran sebagai media akting bagi penggunanya, khususnya bagi kalangan remaja. Impression management atau pengelolaan kesan, permainan peran yang dilakukan remaja di media sosial Instagram akan membentuk suasana dan kondisi interaksi yang kemudian memberikan makna tersendiri. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penampilan panggung depan dan panggung belakang serta mendeskripsikan pengelolaan kesan mahasiswa Universitas Telkom dalam menggunakan media sosial Instagram. Metodologi penelitian ini peneliti menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode kualitatif dan format deskriptif. Peneliti menjadikan mahasiswa Universitas Telkom sebagai subjek dan media sosial Instagram sebagai objek penelitian. Unit analisis yang terdiri dari impression management dan dramaturgy. Informan yang digunakan adalah 2 orang informan utama dan 2 informan pendukung. Pengumpulan data yang dilakukan melalui data primer dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kedua informan membentuk citra diri melalui dramaturgi dan pengelolaan kesan di media sosial instagram sebagai panggung depannya. Publikasi pada panggung depan disesuaikan dengan idealism dan citra diri yang hendak disampaikan oleh kedua informan yang memposting foto pada panggung depan yang dapat memunculkan kesan modis dan gaya sesuai dengan profesi para informan. Pemilihan busana dapat menunjukan citra diri, seperti yang dilakukan informan SR yang menampilkan foto-foto hasil pemotretan dari fotografer. Begitu pula dengan pemilihan latar, seperti yang ditampilkan oleh informan AB yang menampilkan latar outdoor yaitu cafe, sangat menunjang citra dirinya sebagai seorang penyiar radio yang fashionable dan eksis, karena lingkup radio sangat dominan dengan cafe.
Kata Kunci : Pengelolaan kesan, instagram, dramaturgi

Subjek

COMMUNICATION-SCIENCE
 

Katalog

Impression Management Mahasiswa di Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Pendekatan Dramaturgi Dikalangan Mahasiswa Univeritas Telkom)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DINI ROSIANA DEWI
Perorangan
IRA DWI MAYANGSARI, NOFHA RINA
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini