PENGARUH ROTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK, AUDIT TENUR, DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2014) (TERBIT DI WIDYATAMA)

RISKA BAINI NURSHANTI

Informasi Dasar

16.04.889
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kualitas audit adalah suatu tingkat keyakinan yang dapat diberikan atau ukuran baik atau buruknya mutu dari suatu proses pemeriksaan yang sistematis yang diukur menggunakan total akrual. Total akrual merupakan cara untuk mengukur tingkat manajemen laba yang dilakukan oleh perusahaan. Melalui penelitian ini akan dilakukan pengukuran rotasi kantor akuntan publik, audit tenur, dan ukuran kantor akuntan publik terhadap kualitas audit yang dinilai menggunakan total akrual perusahaan yang terdaftar Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2014. Tenik pemilihan menggunakan purposive sampling dan diperoleh 9 perusahaan dengan jangka waktu 7 tahun sehingga didapat 63 sampel. Model analisis data dalam penelitiian ini adalah data panel dengan menggunakan software Eviews 9.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rotasi kantor akuntan publik, audit tenur, dan ukuran kantor akuntan publik tidak berpengaruh terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun simultan. Hal ini dikarenakan mayoritas perusahaan menggunakan kantor akuntan publik besar namun tidak melakukan pergantian kantor akuntan publik dan auditor sesuai dengan peraturan yang ada sehingga tingkat independensi auditor dan kantor akuntan publik rendah. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah tahun penelitian dan menambah variabel independen yang diprediksi dapat mempengaruhi kualitas audit, seperti fee audit yang dapat berpengaruh terhadap tingkat independensi seorang auditor. Bagi investor disarankan untuk memperhatikan pergantian kantor akuntan publik dan auditor untuk mempertimbangkan tingkat independensi seorang auditor dan kantor akuntan publik. Kata kunci: Kualitas Audit, Rotasi Kantor Akuntan Publik, Audit Tenur, Ukuran Kantor Akuntan Publik

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH ROTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK, AUDIT TENUR, DAN UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP KUALITAS AUDIT (Studi Kasus Pada Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2014) (TERBIT DI WIDYATAMA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RISKA BAINI NURSHANTI
Perorangan
Hiro Tugiman, Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini