Pengaruh Indikator Good Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Kelompok Indeks LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013)

KELVIN

Informasi Dasar

16.04.881
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Corporate social responsibility merupakan kewajiban bagi semua perusahaan di Indonesia, namun masih banyak perusahaan yang melaksanakan corporate social responsibility nya hanya untuk kepentingan usahanya tidak memperhatikan lingkungan sekitarnya yang terdampak langsung dari aktivitas usahanya. Ini disebabkan oleh kurangnya pengawasan dari pihak yang berwenang terhadap manajerial perusahaan. Untuk ukuran perusahaan yang besar dengan pertumbuhan perusahaan yang baik, maka dana corporate social responsibility yang keluarkan semestinya juga semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi praktik corporate social responsibility suatu perusahaan, yaitu; ukuran dewan komisaris, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan keuangan dari perusahaan sektor LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 sampai 2013. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 25 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 3 tahun sehingga didapat 75 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi logistik dengan menggunakan software SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan bahwa indikator good corporate governance (ukuran dewan komisaris dan kepemilikan manajerial), karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Sedangkan secara parsial ukuran dewan komisaris, ukuran perusahaan dan pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap corporate social responsibility dan kepemilikan manajerial berpengaruh signifikan terhadap corporate social responsibility. Berdasarkan hasil penelitian, maka untuk meningkatkan corporate social responsibility dalam suatu perusahaan terdapat beberapa faktor yang menjadi perhatian manajemen. Salah satu yang terpenting adalah kepemilikan manajerial. Kata Kunci : Indikator Good Corporate Governance, Karakteristik Perusahaan , Corporate Social Responsibility

Subjek

ACCOUNTING MANAGEMENT
 

Katalog

Pengaruh Indikator Good Corporate Governance dan Karakteristik Perusahaan terhadap Corporate Social Responsibility (Studi pada Perusahaan Kelompok Indeks LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2011-2013)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KELVIN
Perorangan
Dini Wahjoe Hapsari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini