Pengaruh Intellectual Capital, Gender Diversity, Age Diversity, dan Tenure Diversity terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Industri Sektor Perbankan Swasta Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014)

GIANTI ANGGRAENI

Informasi Dasar

16.04.880
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Persaingan di sektor perbankan swasta menuntut perusahaan bergerak cepat untuk meningkatkan daya saingnya supaya dapat mencapai kinerja keuangan yang memuaskan. Earning per share merupakan rasio yang mengukur kinerja keuangan dan dapat dilihat dari sisi perusahaan dan investor. Rasio Earning Per Share hanya menggambarkan hasil dari sebuah proses keuangan yang dilakukan oleh manajemen. Board Diversity dilakukan untuk mengelola Intellectual Capital dan meningkatkan Earning Per Share. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor yang dianggap mempengaruhi peningkatan EPS di antaranya Intellectual Capital, Gender Diversity, Age Diversity, dan Tenure Diversity. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah stakeholder theory, resource based theory, intangible assets, intellectual capital, agency theory, board of directors, board diversity, gender diversity, age diversity, tenure diversity, resource dependent theory, kinerja keuangan perusahaan, dan rasio earning per share. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan di industri perbankan swasta konvensional yang terdaftar di BEI periode 2011 sampai 2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 24 bank yang disertakan dengan kurun waktu 4 tahun sehingga didapat 96 sampel yang diobservasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Intellectual Capital, Gender Diversity, Age Diversity, dan Tenure Diversity secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Earning Per Share sedangkan secara parsial Gender Diversity dan Age Diversity tidak berpengaruh terhadap Earning Per Share. Intellectual Capital dan Tenure Diversity berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap Earning Per Share. Perusahaan disarankan untuk dapat memaksimalkan potensi human capital yang dimiliki dalam menciptakan value added dengan cara memberikan pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan kinerja karyawan, Selain itu, tenure diversity perlu dimaksimalkan dengan melakukan pergantian anggota dewan direksi secara rutin.

Kata Kunci : Intellectual Capital, Diversity, Kinerja Perusahaan

Subjek

ACCOUNTING-BUSINESS ACTIVITY
 

Katalog

Pengaruh Intellectual Capital, Gender Diversity, Age Diversity, dan Tenure Diversity terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada Industri Sektor Perbankan Swasta Konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GIANTI ANGGRAENI
Perorangan
Farida Titik Kristanti, Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini