MANAJEMEN LABA: STRATEGI DIVERSIFIKASI DAN FREE CASH FLOW (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2014)

GAUTAMA NIRVANA

Informasi Dasar

16.04.827
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sektor property dan real estate merupakan sektor yang penting di dalam perekonomian negara, karena mempengaruhi sebagian besar sektor perekonomian negara dan merupakan kontributor penting bagi proses pembangunan infrastruktur. Namun, pada awal tahun 2015 ini perlambatan ekonomi yang menimpa Indonesia turut berimbas kepada sektor property. Kondisi ekonomi yang sering berubah sehingga perusahaan diminta untuk melakukan strategi oleh pemegang saham untuk kelangsungan hidup perusahaan salah satunya adalah diversifikasi dan diversifikasi itu sendiri adalah strategi untuk memperbesar ukuran perusahaan. Dan untuk melakukan strategi tersebut pada umumnya perusahaan menggunakan dana yang dihasilkan dari sumber eksternal maupun internal perusahaan dan sumber internal perusahaan salah satunya yaitu aliran kas bebas. Namun, dari kedua hal tersebut yaitu strategi diversifikasi dan aliran kas bebas sama-sama dapat memunculkan konflik keagenan yang dapat menimbulkan praktik manajemen laba. Dalam penelitian ini variabel independen adalah free cash flow, diversifikasi operasi dan diversifikasi geografi. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari free cash flow, diversifikasi operasi dan diversifikasi geografi terhadap manajemen laba perusahaan sektor property dan real estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI). Hipotesis dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antra variabel free cash flow dan strategi diversifikasi terhadap manajemen laba secara parsial dan simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor property dan real estate tahun 2011-2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 19 perusahaan yang disertakan dengan kurun waktu 4 tahun sehingga didapat 76 sampel yang diobservasi. Model analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa free cash flow, diversifikasi operasi dan diversifikasi geografi berpengaruh secara simultan terhadap manajemen laba. Dan secara parsial free cash flow, diversifikasi operasi dan diversifikasi geografi berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba kearah yang positif. Bagi penelitian selanjutnya untuk menggunakan pengukuran lain untuk manajemen laba selain AWCA (Abnormal Working Capital). Selain itu terkhusus yang memilih objek yang sama yaitu perusahaan property dan real estate. Penulis juga menyarankan penelitian selanjutnya untuk menambah sektor lain yang terdapat di Bursa Efek Indonesia agar dapat digeneralisasi.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

MANAJEMEN LABA: STRATEGI DIVERSIFIKASI DAN FREE CASH FLOW (Studi Pada Perusahaan Sektor Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2011-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GAUTAMA NIRVANA
Perorangan
Majidah, Muhamad Muslih
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini