PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS TELKOM

ERSHA AMANAH

Informasi Dasar

16.04.823
650.12
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Praktik manajemen keuangan pada anak muda mendapatkan perhatian serius dari berbagai organisasi seperti pemerintah, lembaga keuangan, universitas dan lain sebagainya. Saat ini anak muda tumbuh di tengah-tengah budaya hutang yang difasilitasi dengan gaya hidup yang mahal dan pembuatan dan penggunaan kredit yang mudah. Anak muda seringkali mulai memasuki dunia perkuliahan tanpa memiliki tanggung jawab terhadap sumber dan pengelolaan keuangan mereka dengan cermat.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh financial knowledge, financial attitude dan external locus of control terhadap personal financial management behavior pada mahasiswa S1 Universitas Telkom.

Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 200 orang mahasiswa S1 Universitas Telkom. Teknik quota sampling digunakan dengan kriteria masing-masing 100 orang mahasiswa fakultas eksak dan non-eksak. Kuesioner dan dokumen digunakan sebagai alat pengumpulan data. Korelasi product moment digunakan untuk menguji validitas dan Cronbach Alpha digunakan untuk menguji realibilitas instrumen. Uji Regresi Linear Berganda digunakan untuk menguji pengaruh. Uji-T digunakan untuk menguji hipotesis secara parsial sedangkan Uji-F digunakan untuk menguji hipotesis secara simultan.

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa financial knowledge dan financial attitude berpengaruh signifikan terhadap personal financial management behavior sedangkan external locus of control tidak berpengaruh signifikan terhadap personal financial management behavior.

Kata Kunci: financial knowledge, financial attitude, external locus of control, personal financial management behavior

Subjek

Financial planning-personal
 

Katalog

PENGARUH FINANCIAL KNOWLEDGE, FINANCIAL ATTITUDE DAN EXTERNAL LOCUS OF CONTROL TERHADAP PERSONAL FINANCIAL MANAGEMENT BEHAVIOR PADA MAHASISWA S1 UNIVERSITAS TELKOM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ERSHA AMANAH
Perorangan
Dadan Rahadian, Aldilla Iradanty
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini