ANALISIS HARGA WAJAR SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIVIDEND DISCOUNT MODEL (DDM) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN BUY, HOLD, SELL (Studi Kasus Pada Saham Perusahaan yang berada pada Indeks LQ45 Periode 2014)

BASTIAN GEMA RANODYA

Informasi Dasar

16.04.808
332.632 22
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Berinvestasi saham tidak terlepas dari karakteristik hubungan antara return dan risiko. Salah satu risiko yang sering terjadi di kalangan investor adalah misprice atau salah harga. Untuk meminimalisir risiko-risiko tersebut investor diharapkan mampu melakukan analisis fundamental maupun analisis teknikal. Salah satu analisis fundamental yang penting dilakukan oleh investor adalah valuasi saham. Valuasi saham merupakan analisis nilai saham sebenarnya. Oleh karena itu dengan melakukan analisis valuasi saham, investor diharapkan mampu mengetahui berapa nilai sebenarnya dari suatu saham, sehingga dapat menghindari risiko misprice.

Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi nilai intrinsik saham untuk pengambilan keputusan buy, hold, sell dengan menggunakan metode Dividend Discount Model (DDM) pertumbuhan konstan dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling.

Hasil dari penelitian ini adalah saham-saham yang masuk ke dalam kategori undervalue berdasarkan Metode DDM adalah AALI, ITMG, PGAS dan yang masuk ke dalam kategori overvalue adalah saham-saham ADHI, ASII, BBRI, BMTR, CPIN, GGRM, INDF, INTP, JSMR, KLBF, MNCN, LPKR, TLKM, UNTR. Sedangkan berdasarkan Metode PER saham-saham yang masuk ke dalam kategori undervalue adalah AALI, ADHI, ASII, BBRI, GGRM, INDF, INTP, ITMG, PGAS, UNTR dan yang masuk ke dalam kategori overvalue adalah BMTR, CPIN, JSMR, KLBF, MNCN, LPKR, UNVR.

Berdasarkan hasil dari penelitian, terdapat perbedaan antara metode DDM dan PER. Namun kedua metode tersebut merupakan metode yang saling melengkapi sehingga tidak dapat dibandingkan mana yang lebih baik. Kedua metode tersebut memiliki kekurangan masing-masing. Sehingga untuk menentukan nilai intrinsik yang sesuai, penulis melakukan tahapan selanjutnya, yaitu dengan mencari rata-rata nilai intrinsik dari metode DDM pertumbuhan konstan dan metode PER. Berdasarkan hasil dari rata-rata nilai intrinsik kedua metode didapatkan saham-saham yang masuk ke dalam katagori undervalue, yaitu AALI, ITMG, PGAS, UNTR dan keputusan yang seharusnya diambil oleh investor adalah membeli saham-saham tersebut.

Subjek

STOCKS PRICES
INVESTMENT ANALYSIS

Katalog

ANALISIS HARGA WAJAR SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DIVIDEND DISCOUNT MODEL (DDM) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN BUY, HOLD, SELL (Studi Kasus Pada Saham Perusahaan yang berada pada Indeks LQ45 Periode 2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BASTIAN GEMA RANODYA
Perorangan
Norita, Anisah Firli
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini