PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2011-2014)

EVA FEBRINA

Informasi Dasar

16.04.800
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Laju pertumbuhan ekonomi pada Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Barat periode 2011-2014 melambat, tidak sejalan dengan belanja modal yang mengalami kenaikan setiap tahunnya. Terkait dengan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang belanja modal. Faktor lain yang mempengaruhi belanja modal adalah Pendapatan Asli Daerah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap belanja modal pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2011-2014 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah Laporan Realisasi APBD seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Jawa Barat pada tahun 2011-2014. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh 19 Kabupaten/Kota yang disertakan dengan kurun waktu 4 tahun sehingga diperoleh 76 sampel yang diproses. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan metode Random Effect Model (REM).

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara pertumbuhan ekonomi dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap belanja modal. Secara parsial pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap belanja modal, sedangkan PAD berpengaruh positif signifikan terhadap belanja modal.

Berdasarkan hasil penelitian, maka Pemerintah sebaiknya lebih mengoptimalkan potensi penerimaan daerah dalam bentuk PAD yang merupakan salah satu sumber penerimaan utama misalnya dengan cara membenahi regulasi yang terkait dengan peningkatan PAD. Untuk mewujudkan kemandirian Pemerintah Daerah dalam mengelola keuangan daerah khususnya dalam belanja modal, Pemerintah Daerah di Kabupaten/Kota di provinsi Jawa Barat sebaiknya dapat menurunkan tingkat ketergantungannya terhadap Pemerintah pusat dalam hal pendanaan. Pemerintah Pusat maupun daerah diharapkan dapat menggunakan PAD dengan sebaik mungkin untuk alokasi belanja modal karena PAD masih banyak digunakan untuk alokasi belanja lainnya yang kurang memberikan manfaat. Belanja modal yang dilakukan harus dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada publik dan mampu memberikan manfaat bagi daerah.

Kata Kunci: Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah (PAD), Belanja

Modal

Subjek

ACCOUNTING FOR GOVERNMENT
 

Katalog

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP BELANJA MODAL (Studi Kasus Pada Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat periode 2011-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

EVA FEBRINA
Perorangan
Sri Rahayu, Vaya Juliana Dillak
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini