Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Komite Audit Terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014)

ENDANG ENDARI MAHULAE

Informasi Dasar

16.04.797
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Tax avoidance merupakan upaya penghindaran pajak yang dilakukan oleh wajib pajak untuk memperkecil beban pajak terutang dengan memanfaatkan kelemahan-kelemahan dalam peraturan perundang-undangan dan perpajakan. Pajak merupakan sumber pendapatan terbesar negara sehingga praktik penghindaran pajak sangat tidak diharapkan oleh pemerintah. Namun pada kenyataannya masih banyak kasus peghindaran pajak yang dilakukan oleh perusahaan yang tentunya akan merugikan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial dan komite audit terhadap tax avoidance pada subsector otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2010-2014. Metode analisis yang digunakan adalah pengujian statistik deskriptif dan analisis regresi data panel menggunakan Eviews versi 8. Statistik deskriptif merupakan penelitian yang dilakukan untuk memberikan gambaran tentang informasi objek penelitian. Regresi data panel merupakan gabungan antara data runtut waktu dan data silang. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemilikan institusional berpengaruh positif signifikan dan komite audit berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sedangkan kepemilikan manajerial tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tax avoidance. Berdasarkan hasil penelitian maka perusahaan Otomotif memaksimalkan variabel Kepemilikan Institusional untuk meminimalisasi adanya praktik penghindaran pajak.

Kata Kunci: Tax avoidance, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Komite Audit

Subjek

TAX ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial dan Komite Audit Terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ENDANG ENDARI MAHULAE
Perorangan
Dudi Pratomo, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini