PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014)

ALIFIA YULIANDRI PUTRI

Informasi Dasar

16.04.788
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perataan laba merupakan usaha suatu perusahaan dalam menentukan kisaran keuntungan yang dilaporkan di laporan keuangan sebagai pencapaian tingkat laba yang diinginkan. Perataan laba ini meliputi penggunaan teknik-teknik tertentu untuk memperkecil atau memperbesar jumlah laba suatu periode sama dengan jumlah laba periode sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas, dan leverage terhadap praktik perataan laba pada perusahaan manufaaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Ukuran perusahaan diukur dengan menggunakan natural logaritma total aset, profitabilitas diukur dengan rasio antara laba setelah pajak dengan total aset, dan leverage diukur dengan rasio total hutang terhadap total ekuitas. Perataan laba diukur menggunakan Index Eckel. Populasi dalam penelitian ini adalah 134 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2014. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 46 perusahaan. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh signifikan positif terhadap praktik perataan laba. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

Kata kunci: Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Perataan Laba, Total aset.

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2014)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ALIFIA YULIANDRI PUTRI
Perorangan
Sri Rahayu, Siska Priyandani Yudowati
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini