PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015)

Anisa Mustika Sari

Informasi Dasar

16.04.777
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seluruh perusahaan dituntut untuk memiliki kinerja yang baik agar mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain pada sektor yang sama atau pun pada sektor yang berbeda. Ukuran perusahaan dan kompleksitas perusahaan dapat menguntungkan bagi perusahaan apabila dapat didukung dengan pengelolaan yang efektif dan efisien. Pengelolaan yang efektif dan efisien ini dapat mendorong pengambilan keputusan atas aset yang dimiliki perusahaan agar dapat digunakan untuk kepentingan yang tepat. Oleh karena itu, perusahaan membutuhkan pengendalian aktivitas perusahaan yang dapat dilakukan oleh dewan komisaris, komisaris independen, dan komite audit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh good corporate governance yang terdiri dari dewan komisaris, komisaris independen dan komite audit, serta ukuran perusahaan terhadap kinerja perusahaan yang diukur menggunakan Altman Z-Score, baik secara simultan maupun parsial.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif yang bersifat kausalitas. Unit analisis pada penelitian ini adalah Badan Usaha Milik Negara non manufaktur. Data penelitian menggunakan data sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling dan diperoleh 12 perusahaan selama enam tahun, yaitu dari tahun 2010 sampai 2015. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dewan komisaris, komisaris independen, komite audit, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap kinerja perusahan. Secara parsial, dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Komite audit berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan, serta ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Penelitian mendatang dapat menggunakan variabel independen pada penelitian ini untuk mengetahui pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan di perusahaan yang berbeda atau pada industri yang berbeda, serta menggunakan proksi lain untuk kinerja perusahaan selain Altman Z-Score. Bagi Badan Usaha Milik Negara non manufaktur, perusahaan perlu meningkatkan kinerja perusahaanya ke kondisi sehat dengan meningkatkan indikator-indikator keuangan pada Altman Z-Score. Bagi investor, hasil penelitian ini, yaitu dewan komisaris dan komite audit, dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam pengambilan keputusan investasi.

Kata kunci : good corporate governance, ukuran perusahaan, Altman Z-Score

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
 

Katalog

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN (Studi pada BUMN yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2015)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anisa Mustika Sari
Perorangan
Hiro Tugiman, Annisa Nurbaiti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2016

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini