Analisis dan Pengukuran Kerja : Upaya Untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efesiensi Kerja

Yusuf Nugroho Doyo Yekti, Ima Mufidah

Informasi Dasar

16.01.440
658.306
Buku - Circulation (Dapat Dipinjam)
18 A

Analisis dan Pengukuran Kerja merupakan salah satu ilmu dasar dalam penguasaan kompetensi Teknik Industri. Ilmu ini sangat berguna untuk merancang sistem kerja secara integrasi, sehingga semua komponen sistem integral, yaitu manusia, mesin, dan material, dapat berinteraksi secara efektif dan efisien. Rancangan sistem kerja perlu diukur secara saintifik agar sehingga memiliki makna yang jelas, terutama mengenai tingkat efisiensi dan efektivitas sistem tersebut. Rancangan sistem kerja tidak memiliki arti yang signifikan, bahkan dapat merugikan bagi para pemangku kepentingan, jika sistem tersebut tidak dapat diukur tingkat produktivitasnya. Ilmu Analisis dan Pengukuran Kerja adalah ilmu mengukur, memprediksi output, dan mengevaluasi sistem kerja.

Buku ajar ini dibuat untuk bahan ajar pada perkuliahan Analisis dan Pengukuran Kerja di Telkom University. Namun demikian, buku ini diyakini cukup relevan bagi Mahasiswa jurusan Teknik Industri yang menempuh perkuliahan di Universitas lain, karena materi yang diajarkan adalah dasar-dasar penguasaan ilmu Teknik Industri. Buku ini memuat lima topik, yaitu (1 ) kaitan antara analisis dan pengukuran kerja dengan ilmu Teknik Industri, (2) studi gerakan kerja, (3) peta kerja, (4) studi waktu kerja, dan (5) identifikasi masalah kerja. Keluaran yang diharapkan adatah kemampuan untuk merancang suatu sistem kerja yang sederhana, menganalisis sistem kerja, melakukan pengukuran sistem kerja, dan mampu memperbaiki sistem kerja tersebut.

Buku ajar ini diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi Mahasiswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan di dalam kelas oleh para Dosen. Mahasiswa diharapkan untuk membaca buku ini, sebelum perkutiahan dimulai. Proses perkuliahan diharapkan lebih "hidup" dengan adanya diskusi, maupun pertanyaan dari Mahasiswa yang telah mendapatkan pengetahuan awal. Namun demikian, buku ajar ini merupakan bagian kecil dari pohon keilmuan Teknik Industri, sehingga Mahasiswa diharapkan tidak terpaku pada satu buku ajar ini saja, dan berani membuka cakrawala ilmu melalui buku-buku teks yang lain.

Subjek

JOB ANALYSIS
JOB EVALUATION,

Katalog

Analisis dan Pengukuran Kerja : Upaya Untuk Meningkatkan Efektifitas dan Efesiensi Kerja
978-602-401-285-4
xiv, 376p.: il.; 23cm.
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Ya

Pengarang

Yusuf Nugroho Doyo Yekti, Ima Mufidah
Perorangan
 
 

Penerbit

Deepublish
Yogyakarta
2016

Koleksi

Kompetensi

  • IEH4HB3 - STRATEGI DAN PERENCANAAN SUMBERDAYA MANUSIA
  • IEH4HC3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
  • MMKC12 - VALUASI KORPORASI
  • BAH2D3 - HUMAN RESOURCE
  • IEI5L3 - SISTEM MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini