MEMBANGUN APLIKASI GARUDA FREQUENT FLYER (GFF) PADA MOBILE BERBASIS ANDROID DI SISI USER

Indri Khoirunnisa

Informasi Dasar

114090067
005.5
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Garuda Indonesia merupakan maskapai penerbangan nasional Indonesia. Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setianya, pihak maskapai penerbangan membuat program Garuda Frequent Flyer (GFF). Anggota dari program ini akan mendapatkan kesempatan penerbangan gratis sesuai dengan perjalanan yang pernah dilakukannya. Selain itu keanggotaan GFF memungkinkan untuk mendapatkan hak eksklusif sesuai dengan tingkat keanggotaan, seperti check in counter, priority stand-by, priority boarding, dan bagasi tambahan. Untuk menikmati fasilitas tersebut setiap anggota hanya perlu menunjukkan member card GFF. Hal tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga belum dapat dikatakan fleksible pada jaman sekarang ini.

Permasalahan tersebut dapat menjadi suatu peluang untuk membangun suatu aplikasi yang lebih fleksibel pada layanan GFF. Saat ini, berbagai aplikasi pada platform Android banyak dikembangkan. Android merupakan system operasi yang berbasis Linux untuk telepon selular. Aplikasi ini bersifat open source. Hal tersebut menjadi salah satu pendukung untuk mengembangkan aplikasi GFF pada platform Android. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur untuk reservasi tiket, menyimpan dan menampilkan data-data setiap penerbangan yang pernah dilakukan oleh setiap member, melakukan check in dan penukaran mileage secara online.

Dengan adanya aplikasi GFF member tidak perlu lagi menunjukan kartu member pada saat melakukan reservasi, check in dan boarding pass. Semua aktifitas dapat user lakukan menggunakan mobile phone yang dimilikinya. Setelah dilakukan pengujian langsung kepada member GFF, dari 10 responden 80% menyatakan bahwa aplikasi GFF secara fungsionalitas telah berjalan dengan baik dan mudah dimengerti. Selain itu 70% responden menyatakan bahwa aplikasi GFF sudah sesuai dengan sistem yang diterapkan saat ini. Secara keseluruhan aplikasi GFF sudah layak untuk menggantikan sistem yang diterapkan saat ini. Hal tersebut dibuktikan dengan 80% responden yang menyatakan sudah layak.

Subjek

APPLICATION
INNOVATION, APPLICATION, Skripsi, REFERENCE,

Katalog

MEMBANGUN APLIKASI GARUDA FREQUENT FLYER (GFF) PADA MOBILE BERBASIS ANDROID DI SISI USER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Indri Khoirunnisa
Perorangan
Purba Daru Kusuma ; Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini