DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN BERBASIS PEMROSESAN VIDEO DENGAN FITUR PELAPORAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SMS

M. HERU KURNIA

Informasi Dasar

114090040
741.05
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keamanan merupakan suatu hal yang sangat penting. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan teknologi untuk dapat menanganinya. Penggunaan CCTV dapat menjadi salah satu solusi dalam pengawasan untuk meningkatkan keamanan suatu tempat. Namun dalam penggunaannya, CCTV konvensional hanya bisa mengawasi dan merekam kejadian. Tetap dibutuhkan seorang operator dalam menggunakan CCTV selama pengawasan. Sehingga dalam tugas akhir ini, dirancang sebuah sistem pengawasan pada suatu tempat dengan menggunakan kamera webcam sebagai pengganti CCTV dan tidak perlu pengawasan dari operator secara terus menerus.

Sistem keamanan ini bekerja dengan menggunakan video processing dari input yang didapat dari webcam. Video diolah dengan tujuan agar dapat mendeteksi terjadinya gerakan mencurigakan pada tempat yang sedang diawasi. Untuk mendeteksi gerakan pada pemrosesan video ini digunakan teknik background substraction dan untuk mendeteksi manusia menggunakan histogram of oriented gradient. Setelah melalui rangkaian pemrosesan video dan citra, maka akan di-capture sebuah citra yang menandakan ada objek yang mencurigakan yang telah memasuki tempat yang diawasi. Dalam memudahkan kerja operator sehingga tidak dibutuhkan pengawasan secara terus menerus, maka pada sistem ini juga menerapkan pengiriman laporan berupa SMS. SMS tersebut berisikan URL dari dari image yang di-capture dari webcam dan telah diunggah ke sebuah server.

Dari hasil pengujian diperoleh bahwa sistem keamanan berbasis pemrosesan video ini dapat bekerja dengan baik dengan kondisi tubuh manusia di-capture dengan utuh, kondisi cahaya yang cukup terang, dan keadaan frame dengan kemiringan maksimal 20° yaitu dengan akurasi 100%. Waktu komputasi untuk proses pendeteksian berkisar antara 200ms hingga 250ms. Untuk proses pengiriman notifikasi memiliki akurasi 100% asalkan tidak terjadi gangguan pada jaringan.

Subjek

DESIGN
Desain Software,

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN BERBASIS PEMROSESAN VIDEO DENGAN FITUR PELAPORAN OTOMATIS MENGGUNAKAN SMS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

M. HERU KURNIA
Perorangan
Astri Novianty ; Suryo Adhi Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini