IMPLEMENTASI SISTEM TERINTEGRASI DETEKSI OBYEK ASING PADA VIDEO REAL TIME DENGAN SMS GATEWAY BERBASIS TEKNOLOGI FACE DETECTION DAN FACE RECOGNITION

Endra Asrajab

Informasi Dasar

114081056
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kamera pengintai yang biasa disebut CCTV (Close Circuit Television) biasanya dibutuhkan untuk memantau keamanan di suatu lokasi/rumah dengan adanya petugas security yang fokus terhadap layar monitor atau menggunakan media penyimpanan untuk menyimpan hasil rekaman kamera. Biasanya kamera pengintai yang dipasang dirumah menggunakan metode perekaman video pada kamera, karena memonitoring kejadian pada kamera dengan adanya petugas security sangat tidak efektif. Untuk itu, perlu adanya sistem yang dapat mengenali obyek asing pada kamera dan langsung memberikan notifikasi/pemberitahuan kepada pemilik rumah.

Pada penelitian ini diimplementasikan sistem deteksi obyek asing pada webcam yang dibangun menggunakan C++ serta menggunakan face detection dan face recognation yang kemudian diintegrasikan dengan SMS gateway. Face detection menggunakan Haar Cascade Classifier yang terdapat pada library OpenCV digunakan untuk mengenali wajah atau bukan wajah. Sedangkan face recognition bertindak sebagai pengenalan wajah yang terdeteksi pada face detection dengan menggunakan metode eigenface. Kemudian wajah yang tidak dikenali oleh sistem akan terhubung dengan oleh sistem dan memberikan notifikasi dengan menggunakan SMS gateway.

Hasil dari penelitian ini adalah pengujian performansi sistem, diketahui bahwa performansi sistem face recognition pada video real time mencapai tingkat akurasi tertinggi saat Threshold = 35 dengan tingkat akurasi 91.43% dan rata-rata waktu komputasi 2124.94 ms. Adapun untuk performansi tertinggi sistem face detection dicapai pada saat menggunakan Haar Cascade mencapai tingkat akurasi 87.14% pada jarak ±30 cm dan 70% pada jarak ±3 m dengan rata-rata waktu komputasi pada jarak ±30 cm adalah 204.99 ms, sedangkan jarak ±3 m adalah 325.09 ms. Rancangan ini diharapkan dapat memanfaatkan segala sumber daya yang ada dengan efektif dan efisien sehingga dapat menjadi sistem keamanan alternatif.

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM TERINTEGRASI DETEKSI OBYEK ASING PADA VIDEO REAL TIME DENGAN SMS GATEWAY BERBASIS TEKNOLOGI FACE DETECTION DAN FACE RECOGNITION
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Endra Asrajab
Perorangan
Astri Novianty, BURHANUDDIN DIRGANTORO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini