Desain dan Implementasi Automatic Video Captioning Dengan Speech Recognition Using Hidden Markov Model

Rama Dimasatria

Informasi Dasar

114081045
006.696
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring perkembangan teknologi informasi, proses belajar - mengajar semakin banyak menggunakan media alternatif. Salah satu media pembelajaran alternatif yang digunakan adalah video. Untuk mempermudah pemahaman, biasanya video pembelajaran dilengkapi dengan caption atau teks keterangan tentang apa yang dibicarakan oleh pembicara. Akan lebih menghemat waktu dan energi apabila caption dihasilkan secara otomatis berdasarkan apa yang diucapkan pembicara. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan dibangun sistem Automatic Video Captioning menggunakan teknologi Speech Recognition.
Sinyal suara dari video masukan diekstrak dan diproses dengan sistem speech recognition untuk menghasilkan teks yang sesuai. Pada penelitian ini sistem speech recognition dibangung dengan Linear Predictive Coding untuk ekstraksi ciri dan Hidden Markov Model untuk pencocokan ciri. Teks yang dihasilkan dari sistem speech recognition tersebut kemudian digunakan sebagai caption dari video masukan.
Pengujian sistem dilakukan dengan mengubah-ubah jumlah data latih dan parameter HMM yaitu jumlah state dan jumlah cluster untuk mencari parameter dengan akurasi paling optimal. Dari hasil pengujian didapatkan akurasi tertinggi sebesar 75,50% pada jumlah state 6, jumlah cluster 256 dan data latih sebesar 90 untuk setiap suku kata dalam database.

Subjek

VIDEO PRODUCTION
 

Katalog

Desain dan Implementasi Automatic Video Captioning Dengan Speech Recognition Using Hidden Markov Model
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rama Dimasatria
Perorangan
Agus Virgono ; RUMANI M.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini