PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE REMOTE NETWORK UNTUK MAINTENANCE ROUTER MENGGUNAKAN MOBILE DEVICE BERBASIS ANDROID

juliardi indra ferdianto

Informasi Dasar

114081044
005.36
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tugas dasar dari Administrator jaringan adalah maintenance terhadap jaringan yang bermasalah, hal ini dapat dilakukan dengan cara perawatan jaringan secara berkala meliputi pengaturan dan pengecekan kondisi jaringan tersebut. Konfigurasi jaringan kini dapat dilakukan dari jarak jauh, sehingga jaringan dapat diatur setiap saat tanpa harus langsung berada di tempat jaringan tersebut berada.

Router sebagai salah satu device pada jaringan sangat diperlukan dan berperan penting dalam penetuan rute data, mekanisme pengalamatan Internet Protocol, serta segala service lain yang tersedia. Router dapat dikonfigurasi melalui terminal maupun web-based untuk pengaturan pengalamatan serta algoritma routing yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang terhubung dengan device router tersebut.

Teknologi mobile device yang ada saat ini memungkinkan pengguna untuk dapat terhubung dengan internet dan bertukar data. Selain itu, mobile device yang ada saat ini sudah mendukung penggunaan sistem operasi. Salah satu sistem operasi mobile device yang banyak digunakan pada telepon seluler adalah sistem operasi Android, sistem operasi ini bersifat open source sehingga terdapat banyak ruang untuk mengembangkan dan membangun berbagai macam aplikasi.

Dengan dibuatnyaa aplikasi mobile yang bernama DroTer, terbukti dapat membantu Administrator jaringan melakukan maintenance pada perangkat router yang meliputi pemantauan dan pengaturan dapat dilakukan dengan menggunakan mobile device berbasis Android, sehingga maintenance jaringan dapat dilakukan tidak hanya secara remote namun juga secara mobile, dimanapun, dan kapanpun Administrator jaringan ingin melakukan maintenance terhadap jaringan yang dikelolanya.

Subjek

APPLICATION PROGRAMS
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE REMOTE NETWORK UNTUK MAINTENANCE ROUTER MENGGUNAKAN MOBILE DEVICE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

juliardi indra ferdianto
Perorangan
RUMANI M., SURYA MICHRANDI NASUTION
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini