ANALISIS PERBANDINGAN LAYANAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK PADA JARINGAN FISIK DAN JARINGAN VIRTUAL

VALKI RAMA DHANI

Informasi Dasar

114081033
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Layanan VPN (virtual private network) merupakan koneksi jaringan pribadi melalui jaringan public. Pembangunan VPN menjadi sebuah solusi untuk menyediakan jaringan pribadi yang aman (secure). Pemilihan protokol VPN akan berpengaruh pada tingkat performansi dan keamanan jaringan tersebut. IPSec melakukan enkapsulasi terhadap data yang lewat dan menggunakan teknik tunneling untuk mengirimkan informasi melalui jaringan internet atau dalam jaringan intranet secara aman. Permasalahan yang ada ialah proses autentikasi pada layanan VPN lebih lama dibandingkan dengan proses autentikasi pada jaringan yang tidak menggunakan sistem tersebut. Hal itu dikarenakan adanya proses enkapsulasi paket sebelum dikirim dan proses pengecekan didalam database.
Dalam Tugas Akhir ini dibuat layanan VPN yang di implementasikan ke dalam jaringan virtual dan jaringan fisik. Dalam jaringan virtual hal ini memungkinkan proses kerja sistem menjadi lebih cepat dikarenakan teknologi yang diterapkan ke dalam hardware sudah mendukung teknologi hypervisor .
Dengan diterapkannya jaringan virtualisasi, jaringan virtual tetap memberikan keamanan data berupa enkapsulasi dengan protokol ESP dan kenaikan nilai sebesar 28.76% untuk throughput dan performa yang lebih baik daripada jaringan fisik.

Subjek

NETWORK
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN LAYANAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK PADA JARINGAN FISIK DAN JARINGAN VIRTUAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VALKI RAMA DHANI
Perorangan
MUHAMMAD NASRUN, ANDREW BRIAN OSMOND
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini