PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE REMOTE NETWORK MONITORING MENGGUNAKAN MOBILE DEVICE BERBASIS ANDROID

Dwicahyo Sudibyo

Informasi Dasar

114081027
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Salah satu tugas dasar dari administrator jaringan adalah pemeliharaan jaringan, hal ini dapat dilakukan dengan cara memantau jaringan yang dikelola tersebut secara berkala, sistem pemantauan atau monitoring jaringan kini dapat dilakukan dari jarak jauh, sehingga jaringan dapat dipantau kinerjanya setiap saat tanpa harus langsung berada di tempat jaringan tersebut berada. Sistem monitoring yang ada saat ini dapat dilakukan dengan menggunakan PC yang mengakses jaringan yang dipantau dari jarak jauh. Untuk mengakses jaringan yang dimonitor diperlukan jaringan internet untuk mendapatkan data-data monitoring yang tersimpan pada server monitoring.

Teknologi mobile device yang ada saat ini memungkinkan pengguna untuk dapat terhubung dengan internet dan bertukar data, selain itu, mobile device yang ada saat ini sudah mendukung penggunaan sistem operasi. Salah satu sistem operasi mobile device yang banyak digunakan pada telepon seluler adalah sistem operasi android, sistem operasi ini bersifat open source sehingga terdapat banyak ruang untuk mengembangkan dan membangun berbagai macam aplikasi. Dengan keleluasaan ini maka muncul gagasan untuk membangun sebuah sistem monitoring jaringan yang dapat di jalankan pada mobile device, hal ini dapat menjadi solusi bagi Administrator jaringan untuk dapat memonitor jaringan yang dikelolanya secara mobile, dimana hal ini tidak dapat dimungkinkan apabila menggunakan PC. Dengan applikasi monitoring jaringan yang terdapat pada mobile device ini maka Administrator jaringan dapat mengakses jaringan yang dikelolanya untuk memonitor jaringan secara mobile, dimanapun, dan kapanpun.

Dengan mengimplementasikan sistem ini, monitoring jaringan dapat dilakukan dengan menggunakan mobile device berbasis Android, sehingga monitoring jaringan dapat dilakukan tidak hanya secara remote namun juga secara mobile, dimanapun, dan kapanpun Administrator jaringan ingin mengetahui kondisi jaringan yang dikelolanya.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE REMOTE NETWORK MONITORING MENGGUNAKAN MOBILE DEVICE BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwicahyo Sudibyo
Perorangan
Budhi Irawan ; Surya Michrandi Nasution
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini