PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE SISTEM PAKAR PENGOBATAN DAN MONITORING PADA PETERNAKAN PUYUH

MUHAMMAD FAJAR SIDIQ

Informasi Dasar

114081025
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Peternakan adalah sektor pekerjaan yang sangat besar di Indonesia. Namun perhatian peternak terhadap penyakit ternak masih kurang karena terbatasnya akses pengetahuan dan kurangnya tenaga dokter hewan di suatu daerah. Hal tersebut menyebabkan penurunan pendapatan atau hasil peternakan. Maka dari hal tersebut diperlukannya suatu sistem yang mudah untuk di akses jika ternak mengalami sakit dan dengan mudah mengetahaui cara pengobatannya yaitu dengan dibuat suatu sistem pakar. Di daerah-daerah sistem bisnis dari suatu peternakan ada investor yang mempunyai modal untuk membangun peternakan dan ada buruh yang mengelola peternakan tersebut. Investor perlu mengetahui hasil peternakan yang dikelola oleh buruh secara cepat, maka dari itu diperlukan suatu sistem yang dapat memonitoring tentang hasil dan keadaan dari peternakan tersebut.

Sistem pakar ini dibuat untuk mediagnosa penyakit-penyakit yang menyerang ternak dan cara pengobatan penyakit tersebut Sedangkan untuk sistem monitoring dapat digunakan oleh buruh untuk menginput hasil ternak dan jumlah kematian ternak serta penyebab kematiannya, disisi investor dapat melihat hasil ternak secara cepat dan mengetahui jumlah kematian .

Hasil dari penelitian ini adalaha sebuah aplikasi mobile sistem pakar pengobatan peternakan puyuh dan sistem monitoring yang dapat digunakan oleh buruh dan investor yang berjalan pada smartphone OS Android. Tingkat keakurasian dari sistem pakar ini sebesar 80,95 % dan sistem monitoring dapat digunakan untuk melihat hasil dan kematian ternak dengan menggunakan grafik sehingga memudahkan pengguna.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE SISTEM PAKAR PENGOBATAN DAN MONITORING PADA PETERNAKAN PUYUH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD FAJAR SIDIQ
Perorangan
BURHANUDDIN DIRGANTORO ; BUDHI IRAWAN
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini