ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPON DALAM PEMENUHAN HOMEGATEWAY UNTUK AREA TELKOM KEMANG

MELFITA ANDAYANI

Informasi Dasar

114081021
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kemajuan teknologi saat ini terus berkembang sangat pesat, hal tersebut memberikan manusia kemudahan dalam melaksanakan kegiatan yang akan menunjang kinerjanya. Dengan semakin meningkatnya keinginan manusia yang berhubungan dunia teknologi dan komunikasi maka penyedia layanan teknologi dan komunikasi harus bisa memenuhi keinginanan konsumennya. Adapun caranya dengan merubah teknologi lama menjadi teknologi baru dengan mengubah teknologi lama menjadi teknologi baru akan berdampak besar terhadap berbagai perubahan misalnya kecepatan data,bandwidth besar,konsumen yang meningkat.

Didalam sistem transmisi komunikasi yang berbasis wire yang dahulu menggunakan tembaga dan sekarang berubah menjadi fiber optik. Salah satu teknologi fiber optik adalah GPON (Gigabyte passive Optical Network).GPON merupakan teknologi akses dengan menggunakan fiber optik sebagai media transport ke pelanggan. GPON atau Gigabit PON juga distandarisasi oleh ITU-T. GPON dapat mentransmisikan ATM cell ataupun ethernet packet. Prosesnya Optical Distribution Network menggunakan GPON sedangkan dari sentral menuju ke pelanggan dinamakan FTTx bisa berupa fiber to the home, fiber to the building,fiber to curb, dan fiber to the zone. Tetapi yang akan dibahas hanya mengenai fiber to the building(FTTb) dalam pemenuhan homegateway yang ada disisi konsumen.

Sebelum dilakukan pengujian kita dapat mensimulasikan didalam sebuah aplikasi perancangan. Ada 2 pengujian dalam perancangan jaringan FTTb ini yaitu dengan Power Link Budget (PLB)dan Rise Time Budget(RTB).Redaman total perancangan jaringan menggunakan teknologi GPON sebesar 28dB dan dari Telkom menstandarisaskan sebesar 26 dB.Jika dibawah standar Telkom dan teknologi GPON maka perancangan tersebut dapat dibuat.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

ANALISIS DAN PERANCANGAN JARINGAN FIBER TO THE BUILDING MENGGUNAKAN TEKNOLOGI GPON DALAM PEMENUHAN HOMEGATEWAY UNTUK AREA TELKOM KEMANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MELFITA ANDAYANI
Perorangan
Asep Mulyana, ST., MT. ; Budhi Irawan, Ssi., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini