Aplikasi Manajemen Pemngiriman Paket Dengan Teknik Geotagging dan Kode QR Pada Android

Fendy Wibisono Hidayat

Informasi Dasar

114081011
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dewasa ini, kegiatan usaha pengiriman paket cenderung mengalami peningkatan, banyak perusahaan pengiriman paket yang didirikan dengan berbagai layanan. Dengan banyaknya perusahaan tersebut, maka terjadi persaingan yang ketat di dunia pengiriman paket. Terkadang timbul suatu kemungkinan-kemungkinan resiko dalam pengiriman suatu paket, baik itu karena kesalahan/kelalaian pengirim maupun karena suatu evenement. Untuk mengatasi masalah resiko di atas, maka dalam tugas akhir ini, dibuat suatu aplikasi yang dirancang untuk melakukan manajemen pengiriman paket oleh seorang kurir. Aplikasi ini bagus untuk dibuat karena bertujuan dalam pengolahan data paket yang lebih baik, dapat melakukan proses pencarian alamat tujuan paket kepada kurir dan bisa memberikan detail terkirimnya suatu paket kepada pihak konsumen pengguna layanan pengiriman paket dengan jelas.

Aplikasi bekerja dengan cukup sederhana dimana aplikasi mampu mendokumentasikan paket dalam bentuk foto yang dilengkapi dengan fitur geotagging, yang telah terintegrasi dengan perangkat layanan informasi lokasi yaitu A-GPS. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur pemindai informasi berupa kode QR (Quick Response) yang digunakan sebagai input data informasi paket. Setelah ada data yang masuk ke dalam aplikasi ini, smartphone dapat melihat posisi alamat paket yang akan dituju berada melalui Google Maps.

Sehingga pada tugas akhir ini dihasilkan sebuah aplikasi manajemen pengiriman paket dengan ukuran aplikasi sebesar 324KB dan rata-rata penggunaan memori heap size sebesar 63,67%. Pada implementasinya didapatkan juga ukuran kode QR yang stabil untuk digunakan sebagai identitas paket adalah 200x200 piksel dengan jarak baca optimum 20cm.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

Aplikasi Manajemen Pemngiriman Paket Dengan Teknik Geotagging dan Kode QR Pada Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Fendy Wibisono Hidayat
Perorangan
Agus Virgono Ir., M.T. ; Surya Michrandi Nasution ST., M.T.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini