Analisis dan Implementasi IMS untuk Layanan Video Call menggunakan SRTP dengan Client Berbasis Android

Qushay Bagas Isworo

Informasi Dasar

114081009
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video Call merupakan suatu solusi komunikasi jarak jauh yang dapat menggantikan suatu pertemuan tatap muka secara langsung. Layanan ini dapat dilakukan dengan berbagai media, seperti PC dan perangkat mobile yang menggunakan jaringan berbasis IP Multimedia Subsystem (IMS), dimana IMS mampu memberikan layanan dengan QoS tinggi. Namun begitu, informasi yang mengalir antara client dan server membutuhkan suatu sistem pengamanan, sehingga data atau informasi pengguna tidak dapat diketahui oleh pihak yang tidak berkepentingan.

Dalam penelitian Tugas Akhir ini dilakukan implementasi IMS dengan OpenIMS, dan aplikasi client / softphone yang dikembangkan berbasis Android. Serta dalam penelitian ini dilakukan perbandingan performasi implementasi keamanan data pada jaringan client dan server menggunakan protokol transport SRTP dan tanpa implementasi keamanan dengan protokol transport RTP. Data yang diuji dalam penelitian ini adalah data video menggunakan protokol H.263 dan data voice menggunakan protokol G.711.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa data yang dikirim dengan protokol transport SRTP memiliki performansi yang lebih baik dibandingkan dengan data yang dikirim dengan protokol transport RTP. Hal ini ditunjukan dengan besarnya nilai MOS yang lebih besar untuk semua skenario yang diujikan.

Subjek

ANDROID
 

Katalog

Analisis dan Implementasi IMS untuk Layanan Video Call menggunakan SRTP dengan Client Berbasis Android
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Qushay Bagas Isworo
Perorangan
Asep Mulyana, ST., MT. ; Surya Michrandi Nasution St., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini