PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK SPBU DI KOTA BANDUNG BERBASIS ANDROID

Rizki Fakhrurozi

Informasi Dasar

114081008
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan bermotor di Indonesia pada saat ini semakin pesat, baik pengguna motor maupun mobil. Pertumbuhan tersebut sangat erat kaitannya dengan segala aspek terkait bahan bakar. Baik itu ketersedian, harga, maupun informasi tentang stasiun bahan bakar itu sendiri. Terkait dengan stasiun bahan bakar atau di Indonesia dikenal dengan singkatan SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), pengguna kendaraan bermotor sangat memerlukan informasi tentang lokasi keberadaannya, terlebih pada saat darurat. Misalnya saat ketersediaan bahan bakar di tangki kendaraan menipis saat pengguna sedang perjalanan ke luar kota(dalam kasus ini kota Bandung). Dengan demikian diperlukan perangkat mobile yang dapat membantu user mendapatkan SPBU yang letaknya dekat dengan posisi user tersebut.

Pada Tugas Akhir ini Geographic Information System (GIS) dibangun dalam aplikasi mobile berbasis Android. Geographic Information System (GIS) memiliki kemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi berefrensi geografis, misalnya data yang diidentifikasi menurut lokasinya, dalam sebuah database. Informasi posisi user dapat didapat dengan bantuan GPS dengan memberikan informasi koordinat posisi dari sebuah tempat. Aplikasi ini manampilkan peta untuk melihat dimana posisi user dan posisi SPBU yang diambil dari layanan Googlemaps. Lokasi SPBU dan sarana yang ada di dalamnya disimpan pada sebuah database. Aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk menampilkan rute dari posisi user sampai posisi SPBU.

Aplikasi ini berjalan dengan baik karena performansi terhadap memori yang stabil dengan perbandingan penggunaan memori heap sebesar 52.05%, dan didukung dengan kemudahan dalam menjalankan fitur-fitur serta tampilan antarmuka yang menarik. aplikasi ini baik digunakan dengan sinyal WCDMA. Hal tersebut membuat aplikasi ini sangat membantu user dalam mencari lokasi SPBU yang berada dekat dengan posisinya dan rute untuk mencapai SPBU di Kota Bandung.

Subjek

COMPUTER APPLICATIONS
 

Katalog

PERANCANGAN APLIKASI PENCARIAN RUTE TERPENDEK SPBU DI KOTA BANDUNG BERBASIS ANDROID
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rizki Fakhrurozi
Perorangan
Budhi Irawan, Ssi, MT. ; Surya Michrandi Nasution, ST, MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini