PERANCANGAN DAN ANALISIS APLIKASI EMULATOR PEMBANGKIT TRAFIK PERMINTAAN PANGGILAN DENGAN MODEL KEDATANGAN POISSON

Robin Solala Gulo

Informasi Dasar

114080081
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada jaringan Next Generation Network (NGN) terdapat berbagai macam tipe trafik yang dilewatkan melalui jaringan IP. Trafik pada jaringan IP semakin meningkat sehingga karakteristik trafik dari layanan tersebut semakin beragam. Maka, diperlukan suatu rekayasa jaringan untuk menentukan analisis trafik yang terjadi sesuai dengan kualitas yang diharapkan. Dalam metode simulasi, kendala yang dihadapi adalah pembangkit trafik pada simulator tidak secara spesifik untuk menentukan performansi server. Sehingga, sulit untuk melakukan validasi tingkat kepercayaan dari pembangkit trafiknya dalam simulator tersebut. Adapun aplikasi yang dapat digunakan untuk uji coba server tidak memenuhi pola kedatangan poisson.

Oleh sebab itu dalam penelitian ini, dirancang bangun suatu emulator trafik yang meniru kumunculan permintaan panggilan telepon IP yang direpresentasikan dalam pesan INVITE SIP (Session Initiation Protocol) yang seolah-olah datang dari sumber telepon IP dan dapat direspon oleh server yang dianalisis. Pada emulator trafik dilakukan pengesetan parameter laju kedatangan panggilan dan lama waktu pengamatan sehingga berdasarkan pembangkitan trafik tersebut dapat diketahui kapasitas suatu server (laju pelayanan µ) yang dinyatakan dalam jumlah panggilan/satuan waktu. Model trafik yang digunakan dalam pembangkitan trafik telepon IP adalah model waktu kedatangan yang terdistribusi poisson dan model waktu antar kedatangan eksponensial.

Pada hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh sumber kedatangan yang dibangkitkan oleh trafik emulator memenuhi model kedatangan poisson dan waktu antar kedatangan memenuhi distribusi eksponensial meskipun pada grafik tidak terlalu mulus, sedangkan pola pelayanan server adalah Pola General model trafik sistem emulator yang dibangun sesuai dengan model trafik M/G/1.

Subjek

COMPUTER PRAGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN ANALISIS APLIKASI EMULATOR PEMBANGKIT TRAFIK PERMINTAAN PANGGILAN DENGAN MODEL KEDATANGAN POISSON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Robin Solala Gulo
Perorangan
ASEP MULYANA, ST, MT ; YUDHA PURWANTO, ST,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini