Keamanan Data Pada Penggunaan Smartphone Blackberry Dengan Kriptografi Menggunakan Algoritma Skipjack

Ilham Aditya Muksidin

Informasi Dasar

114080045
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi saat ini sangatlah cepat, bisa dilihat dalam realita, kehidupan saat ini bergantung pada teknologi, aspek teknologi IT seperti komputer, telepon selular dan internet sebagai medianya memegang peranan penting, dimana dengan teknologi internet ini dari hal pekerjaan sampai kesenangan bisa didapatkan. Diketahui bahwa dengan jaringan internet melalui gelombang radio maupun medium lain mempermudah semua orang sebagai subjek untuk berkomunikasi, misalnya melakukan panggilan telepon lewat internet, panggilan video (video call), bertukar data jarak jauh yang relatif cepat dan murah, dan masih banyak lagi. Semuanya membutuhkan internet, namun harus dicermati, di samping banyaknya manfaat dari internet bagi kehidupan, dalam teknologi ini pastilah membutuhkan keamanan data, dimana misalkan data-data yang dikirim pada internet yang bersifat rahasia tidaklah sembarang orang bisa mengetahuinya. Yang bersifat berharga, tidaklah semua orang bisa mendapatkannya (penyadapan, mengubah data, dll).

Dalam tugas akhir ini dilakukan penerapan algoritma Skipjack, salah satu dari algoritma kriptografi Skipjack yang merupakan algoritma elektronik codebook 64-bit. Dimana algoritma ini diimplementasikan dalam sebuah aplikasi yang berfungsi sebagai proteksi data atau keamanan data pengguna.

Akan ditampilkan pula bagaimana proses dari enkripsi dan dekripsi data yang dikhususkan disini pada smartphone Blackberry menggunakan algoritma Skipjack.

Sehingga masalah yang telah diuraikan seperti pengubahan data dan penyadapan data oleh pihak lain dapat teratasi salah satunya dengan aplikasi ini, yang dalam kasus ini dikhususkan untuk keamanan data pengguna smartphone Blackberry.

Subjek

COMPUTER SECURITY
 

Katalog

Keamanan Data Pada Penggunaan Smartphone Blackberry Dengan Kriptografi Menggunakan Algoritma Skipjack
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ilham Aditya Muksidin
Perorangan
Yudha Purwanto S.T., M.T. ; R. Rumani M. Ir.,Drs., MSEE.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini