PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENDETEKSI KARAKTER SESEORANG BERDASARKAN BENTUK WAJAH DAN MATA MENGGUNAKAN METODE EIGENFACE

Ella Surya Picesta

Informasi Dasar

114080038
005.4
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Wajah adalah bentuk atau pun salah satu ciri manusi a yang paling menonjol, paling dikenal dan paling diingat. Disada ri atau tidak, kita sering menilai orang dari wajahnya dan sering kali mengamb il kesimpulan orang itu baik atau tidak dilihat dari wajahnya. Banyak orang yang ingin mempelajari karakter seseorang melalui pengamatan wajah yang disebut ilm u Fisiognomi, yang termasuk pencabangan di dalam ilmu Psikologi.

Di dalam Tugas Akhir ini dibangun sistem pendeteksi karakter seseorang berdasarkan bentuk wajah dan mata menggunakan metod e Eigenface . Pada tahap preprocessing, dilakukan image processing seperti scaling dan grayscaling , setelah itu dilakukan pengambilan ciri dengan mengg unakan metode Eigenface serta pada proses klasifikasi dengan menggunakan al goritma K-Nearest Neighbor (KNN) .

Pada unit KNN akan dilakukan dua jenis pengolahan y aitu training dan uji. Training dilakukan untuk memperoleh vektor fitur kl asifikasi karakter seseorang berdasarkan bentuk wajah dan mata. Untuk menentukan karakter seseorang dengan menggunakan kategori K-Nearest Neighbor yang memiliki jarak terkecil yang diperoleh dengan menentukan parameter K (jumla h tetangga paling dekat) = 1 dan menghitung kuadrat jarak Euclid . Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh tingkat akurasi K-Nearest Neighbor untuk 300 data uji adalah 80%.

Subjek

SYSTEM ANALYSIS
INNOVATION, Skripsi, PROGRAM,

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM PENDETEKSI KARAKTER SESEORANG BERDASARKAN BENTUK WAJAH DAN MATA MENGGUNAKAN METODE EIGENFACE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ella Surya Picesta
Perorangan
Astri Novianty, ST, MT ; Muhammad Nasrun, SSi, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini