Analisis dan Implementasi Sistem Pengolahan Data Matriks pada Sistem Komputasi Paralel Menggunakan MPI dengan Metode Strassen

Sinta Kartika Maharani

Informasi Dasar

114080010
005.74
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Seiring dengan kemajuan teknologi kebutuhan akan komputer sebagai solusi dari sebuah masalah yang dihadapi semakin meningkat karena asumsi bahwa komputasi dianggap lebih cepat dalam menyelesaikan suatu permasalahan dibandingkan dengan cara manual. Maka dari itu dibutuhkan proses komputasi yang cepat, salah satu solusinya adalah dengan komputasi paralel dimana komputasi dilakukan secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer independen secara bersamaan yang umumnya digunakan saat kapasitas yang dibutuhkan sangat besar untuk mengolah data dalam jumlah yang besar juga. Solusi ini menjadi sebuah pilihan karena komputasi secara sekuensial mengalami berbagai keterbatasan. Perkalian matriks merupakan sebuah masalah yang kompleks jika ordenya sudah mencapai ribuan dan penyelesaian menggunakan sekuensial akan membutuhkan waktu yang lama.

Metode penyelesaian matriks yang digunakan adalah metode konvensional dan Strassen. Metode konvensional yang dibuat, diimplementasikan menggunakan MPI (Message Passing Interface) pada sebuah komputer dengan jumlah proses yang berbeda untuk setiap percobaan orde matriks. Metode Strassen dibuat dengan melakukan partisi pada setiap matriks menjadi submatriks berukuran 2x2.

Dari hasil percobaan, untuk perkalian matriks orde 1024x1024, metode Strassen lebih lambat 88,32%, dan penggunaan memorinya 35% lebih banyak dibandingkan metode konvensional. Untuk perkalian matriks orde 2048x2048, metode Strassen lebih lambat 84,8% dan penggunaan memorinya 49,13% lebih banyak dibandingkan metode konvensional.

Subjek

DATA BASE MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis dan Implementasi Sistem Pengolahan Data Matriks pada Sistem Komputasi Paralel Menggunakan MPI dengan Metode Strassen
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sinta Kartika Maharani
Perorangan
Muhammad Nasrun, S.Si., MT ; Andrew Brian Osmond, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini