Analisis Performansi Sharding / Partitioning Pada Document-oriented Database (NoSQL)

Diah Putri Damayanti

Informasi Dasar

114080008
005.74
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Skalabilitas pada sistem basis data merujuk pada kemampuan sistem dalam menangani pertumbuhan data dan proses melebihi kapasitas sebelumnya. Salah satu metode yang digunakan untuk mendukung skalabilitas pada sistem basis data adalah dengan metode partisi secara horizontal. Partisi atau partitioning adalah sebuah metode yang digunakan untuk memecah data menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan menyimpannya secara independen pada mesin yang berbeda. Istilah yang umum digunakan untuk partisi data secara horizontal adalah sharding. Sharding dapat digunakan untuk memecah tabel/collection dalam sebuah database ke beberapa server terpisah, sehingga idealnya penggunaan metode sharding dapat menjaga performa sistem tetap baik jika terjadi overload data dan traffic.

Pada tugas akhir ini dilakukan pengujian performansi sharding pada document-oriented database. Database yang diuji pada tugas akhir ini adalah mongodb. Mongodb merupakan database non-relational yang berorientasi dokumen dan telah mendukung auto-sharding.

Hasil dari pengujian ini menunjukan bahwa hasil throughput query operasi update, find, dan delete yang dihasilkan oleh mongodb dengan sharding lebih banyak sebesar 10% untuk operasi update, 146% untuk operasi find, dan 192% untuk operasi delete. Sedangkan untuk operasi insert mongodb dengan sharding memiliki throughput lebih rendah yaitu 39% dibanding mongodb tanpa sharding. Pada sharding mongodb, pemilihan shard-key yang tepat dapat meningkatkan efektifitas query.

Subjek

DATA BASE MANAGEMENT
 

Katalog

Analisis Performansi Sharding / Partitioning Pada Document-oriented Database (NoSQL)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Diah Putri Damayanti
Perorangan
Muhammad Nasrun SSi, MT ; M. Syaiful Sabril, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini