PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI CHAT CONFERENCE MENGGUNAKAN ENKRIPSI ALGORITMA BLOWFISH

MARTHA FRISKA M. P

Informasi Dasar

114070097
005.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, perkembangan teknologi komunikasi semakin lama semakin maju dan kebutuhan akan keamanan dalam komunikasi semakin tinggi, sehingga dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Aplikasi chatting merupakan salah satu media komunikasi yang cepat, simple dan hemat biaya yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

Pada tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi aplikasi chatting dengan menggunakan algoritma enkripsi. Algoritma enkripsi yang digunakan pada perangkat lunak adalah algoritma blowfish, karena algoritma blowfish cepat, sederhana, berlisensi bebas sehingga open source serta tidak banyak memakan resources dalam enkripsi data. Perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman Java, hal ini ditujukan agar perangkat lunak bersifat platform independent. Pengujian perangkat lunak dilakukan terhadap pengujian performa algoritma blowfish, pengujian alpha dan beta.

Hasil dari pengujian alpha menunjukkan, bahwa perangkat lunak berfungsi dengan baik secara fungsional (program bebas dari kesalahan). Hasil dari pengujian beta menunjukkan bahwa perancangan sistem aplikasi menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi perancangan yang telah dirancang. Dari segi keamanan, terbukti data yang dikirim melalui jaringan yaitu ciphertext (plaintext yang telah di-enkripsi), rata-rata waktu proses enkripsi 0.111 milidetik dan rata-rata waktu proses dekripsi 0.251 milidetik, serta avalanche affect membuktikan bahwa algoritma blowfish memenuhi syarat sebagai algoritma kriptografi yang baik. Jadi, aplikasi chatting “VicChat” aman dari cryptoanalyst atau sniffer.

Subjek

COMPUTER PROGRAMMING
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI CHAT CONFERENCE MENGGUNAKAN ENKRIPSI ALGORITMA BLOWFISH
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MARTHA FRISKA M. P
Perorangan
R. Rumani M,BcTT,Drs,Ir,MSEE ; Budhi Irawan,SSi,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini