IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI DES DAN RSA PADA DATA BERUPA TEKS

TITIN BR SAGALA

Informasi Dasar

114070094
005.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Masalah keamanan dan kerahasiaan data merupakan salah satu aspek penting dari suatu data. Salah satu cara untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan data tersebut adalah dengan menggunakan teknik penyandian yang disebut dengan kriptografi. Kriptografi sering diimplementasikan pada data teks. Oleh karena itu, pada Tugas Akhir ini yang dibahas yaitu tentang kriptografi pada file teks.

Sistem kriptografi pada Tugas Akhir ini adalah kriptosistem hibrida (hybrid cryptosystem) yang merupakan penggabungan kriptografi simetrik dengan kriptografi asimetrik. Kriptografi simetrik menggunakan algoritma DES (dengan menggunakan empat mode operasi cipher blok yaitu ECB, CBC, CFB dan OFB), sedangkan kriptografi asimetrik menggunakan algoritma RSA. Alasan pemilihan kriptosistem hibrida adalah untuk memproses data dengan cepat menggunakan algoritma simetrik dan mempermudah key management menggunakan algoritma asimetrik.

Dari data hasil pengujian diperoleh rata-rata waktu enkripsi per karakter dari kunci DES dengan menggunakan kunci RSA 512 bit dan 1024 bit sebesar 1.937 ms dan 5.537 ms. Sementara itu, rata-rata waktu enkripsi per karakter dari data teks dengan menggunakan mode ECB sebesar 0.041525 ms, sedangkan dengan mode CBC/CFB/OFB sebesar 0.044419 ms. Dari pengukuran tersebut disimpulkan bahwa semakin panjang kunci RSA maka waktu pembangkitan kunci RSA dan waktu proses enkripsi/dekripsi kunci DES akan semakin lama, dan kapasitas memori yang dipakai pun semakin besar. Sementara itu, processing time dan memory usage pada mode operasi diperoleh nilai: ECB

Subjek

COMPUTER SECURITY
 

Katalog

IMPLEMENTASI ALGORITMA KRIPTOGRAFI DES DAN RSA PADA DATA BERUPA TEKS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TITIN BR SAGALA
Perorangan
Yudha Purwanto, ST., MT ; Asep Mulyana, ST., MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini