Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Dengan Metode Adaptif

Iffah Naililmuna

Informasi Dasar

114070088
371.334
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kegiatan belajar mengajar di kelas identik dengan seorang pengajar yang menyampaikan pelajaran disesuaikan cara mengajarnya, dan peserta didik yang belajar akan menyesuaikan dengan pengajarnya. Namun kemampuan setiap peserta didik dalam menyerap pelajaran tidak sama. Ada yang dengan mudah dapat mengerti seluruh materi yang disampaikan, ada yang hanya sebagian, ada yang tidak sama sekali. Sehingga peserta didik yang merasa kurang mengerti perlu mencari informasi tambahan untuk membantunya dalam pemahaman materi, salah satunya dengan e-learning yang bersifat menggunakan bahasa PHP procedural CodeIgniter dan MySQL.

Adaptif adalah suatu metode penyampaian materi pelajaran yang disesuaikan dengan karakter gaya belajar peserta didik. Tiap peserta didik memiliki gaya belajar yang berbeda tergantung dari kebiasaan cara belajarnya.

tergantung dari kebiasaan cara belajarnya. Aplikasi e-learning ini dibagi menjadi 3 kelas, yaitu kelas tekstual, visual, dan auditorial. Kelas tekstual ialah kelas yang menyediakan materi pelajaran berupa bacaan, sedangkan visual materinya berupa video, dan auditorial berupa suara atau audio. Sehingga dengan aplikasi ini pengajar dituntut harus kreatif dalam menyediakan materi yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing kelas tersebut. Dari pembagian kelas ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk memahami dan mengerti pelajaran dengan lebih baik.

Berdasarkan hasil pengujian beta dengan melakukan penyebaran kuisioner, koresponden berasal dari mahasiswa IT Telkom dengan mata kuliah Sistem Operasi. Didapatkan beberapa hasil yaitu, sebesar 100% menyatakan setuju bahwa aplikasi ini bermanfat bagi mereka, sebesar 80% menyatakan setuju bahwa mereka mengerti dengan materi yang disampaikan, dan sebesar 73.3% mengatakan setuju bahwa penyampaian materi sesuai dengan gaya belajar mereka. Ini menunjukkan bahwa aplikasi e-learning dengan metode adaptif cukup efektif sebagai penunjang kegiatan belajar mahasiswa.

Subjek

E-LEARNING
 

Katalog

Analisis dan Perancangan Aplikasi E-Learning Dengan Metode Adaptif
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Iffah Naililmuna
Perorangan
Budhi Irawan, MT ; Andrew Brian Osmond, ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini