RANCANG BANGUN DAN REALISASI ROBOT BIPEDAL SEIMBANG

WIRA PRAMADA

Informasi Dasar

114070081
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini, teknologi robot telah berkembang dengan pesat. Banyak sekali robot yang dapat membantu pekerjaan manusia. Namun robot yang sudah ada kebanyakan mempunyai bentuk fisik yang tidak familiar dengan manusia. Sehingga seringkali manusia merasa tidak nyaman dan sulit untuk berinteraksi dengan robot tersebut. Kemampuan berjalan merupakan sebuah sistem dari keseluruhan sistem pada manusia. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini dibangun sebuah robot bipedal dengan bentuk fisik yang menyerupai manusia, sehingga robot tersebut dapat membantu pekerjaan manusia dan terasa lebih nyaman dalam berinteraksi.

Robot bipedal yang dibuat menggunakan kerangka aluminium, sebuah mikrokontroler ATMega32 dan regulator IC LM2576 yang di program menggunakan bahasa pemrograman C yang terintegrasi dengan 6 (enam) buah motor servo Hitec HS-322 untuk menggerakkan kedua kakinya.

Untuk menjaga keseimbangan robot, sudut sendi pada tapak harus bergerak 200 CW untuk kaki kiri dan 200 CCW untuk kaki kanan. Kemudian, untuk mendapatkan langkah sepanjang 5cm maka servo motor pada paha dan lutut robot harus bergerak sebesar 400. Robot dapat berjalan lurus sejauh 200cm dengan kecepatan 3,5cm/detik dan mengalami ketidakstabilan gerakan pada kecepatan diatas 5cm/detik.

Subjek

Robot
 

Katalog

RANCANG BANGUN DAN REALISASI ROBOT BIPEDAL SEIMBANG
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIRA PRAMADA
Perorangan
JOKO HARYATNO. BASUKI RAHMAT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini