Implementasi dan Analisis Database Parallel menggunakan Data Partitioning

Sony Indrajid

Informasi Dasar

114070078
005.74
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data Partitioning adalah sebuah teknik untuk menempatkan data-data table atau index yang berbentuk page ke dalam partisi-partisi yang terpisah di dalam sebuah atau beberapa filegroup. Dengan feature ini, kita dapat membagi data (biasanya yang ukurannya besar) ke dalam unit-unit yang dapat kita sebar di lebih dari satu filegroup dalam satu database. Pembagian ini akan berakibat pada peningkatan performansi pada saat proses query terhadap data ataupun pada saat melakukan transaksi terhadap data.

Pada tabel yang berukuran sangat besar (jumlah barisnya sangat banyak) maka partitioning membantu untuk membagi sebuah data yang besar menjadi beberapa partisi yang lebih kecil sehingga mudah dikelola. Pembuatan partisipartisi ini memungkinkan performa yang lebih baik melalui basis data paralel.

Pada tugas akhir ini telah diimplementasikan arsitektur basis data paralel menggunakan partisi data.Dari hasil tugas akhir ini mampu meningkatkan perfomansi basis data pada sebuah sistem dengan jumlah data yang sangat banyak seperti pada data mahasiswa pada suatu kampus.

Berdasarkan perbandingan antara pemrosesan query pada suatu sistem yang menggunakan partisi data dan yang tidak menggunakan partisi data, pemrosesan query pada salah 1 skenario yang diuji, hasilnya jauh lebih baik daripada skenario single CPU, yaitu dari jumlah transaksi yang dilakukan selama 30 menit, yaitu 542 berbanding 118 dan rata – rata waktu respon yang jauh lebih cepat, yaitu 18,645 dan 31,038

Subjek

Database Management System
DATABASE MANAGEMENT, Skripsi, REFERENCE,

Katalog

Implementasi dan Analisis Database Parallel menggunakan Data Partitioning
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Sony Indrajid
Perorangan
Muhammad Nasrun,Ssi,MT. ; Andrew Brian O,ST
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2013

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini