DESAIN DAN IMPLEMENTASI KENDALI ROBOT MENGGUNAKAN ARDUINO ANDROID DEVELOPMENT KIT BERBASIS AD-HOC WIRELESS

Heriadhi Waskitho

Informasi Dasar

114070068
629.892
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pada Kontes Robot Indonesia (KRI) 2011 telah diperlombakan suatu robot yang melaksanakan tugas sesuai dengan tema yang telah ditentukan, salah satunya robot harus memindahkan suatu objek ke suatu tempat atau tujuan. Robot Manual tersebut bergerak sesuai dengan perintah dari manusia (operator) untuk menjalankan tugasnya. Pada saat ini untuk mengontrol sebuah robot, peserta KRI menggunakan kabel dan kurang efisien dalam penggunaannya. Operator menggunakan kabel yang panjang sehingga dapat mengganggu gerak dari robot dan operator tersebut .

Untuk menyempurnakan kekurangan robot pada KRI tersebut, maka dalam tugas akhir ini akan dilakukan perancangan dan implementasi prototype robot yang dapat dikendalikan dengan perangkat Android secara wireless. Perancangan robot ini menggumakan sistem minimum Arduino Android Development Kit (ADK), metode yang digunakan untuk komunikasi antar Android adalah Ad-hoc Wireless.

Berdasarkan hasil analisa dan pengujiam, sistem dapat di implementasikan ke robot yang lebih besar dan diterapkan pada Kontes Robot Indonesia. Mengacu pada peraturan lomba Kontes Robot Indonesia (KRI), ukuran maksimal lapangan pertandingan tidak melebihi 15m x 15m. Sedangkan pada tugas akhir kali ini, pengujian jarak komunikasi Wi-Fi pada jarak ± 30 m berjalan dengan baik.

Subjek

Robot
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI KENDALI ROBOT MENGGUNAKAN ARDUINO ANDROID DEVELOPMENT KIT BERBASIS AD-HOC WIRELESS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Heriadhi Waskitho
Perorangan
Joko Haryatno, Surya Michrandi Nst
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini