Perancangan dan Simulasi Antrian Paket Dengan Model Antrian M/M/N Di Dalam Suatu Jaringan Komunikasi Data

Idatriska Pangaribuan

Informasi Dasar

114070058
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Teori antrian merupakan landasan yang kuat dalam pemodelan dan menganalisis performansi sistem yang kompleks. Antrian tersebut timbul oleh karena kebutuhan atas pelayanan yang melebihi kemampuan (kapasitas) pelayanan itu sendiri.

Pada penelitian ini, lebih difokuskan pada antrian M/M/N yang disimulasikan dengan bahasa pemrograman C. Pada simulasi antrian ini, dibuat tiga skenario percobaan untuk melihat performansi algoritma yang telah dirancang, berdasarkan parameter pola kedatangan, average waiting time, utilization, dan average number of packet in the queue. Skenario pertama menjelaskan pola kedatangan paket. Skenario kedua pengaruh penambahan server. Skenario ketiga menjelaskan pengaruh penambahan server dengan penambahan packet size.

Pada hasil penelitian yang dilakukan, pola kedatangan paket random dan terdistribusi secara eksponensial. Berdasarkan simulasi yang dirancang, untuk skenario kedua dengan adanya penambahan server maka average waiting time dan average number of packet in the queue semakin kecil sedangkan utilization semakin besar. Untuk skenario ketiga dengan penambahan packet size, maka nilai average waiting time dan utilization semakin tinggi dan average number of packet in the queue semakin kecil.

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

Perancangan dan Simulasi Antrian Paket Dengan Model Antrian M/M/N Di Dalam Suatu Jaringan Komunikasi Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Idatriska Pangaribuan
Perorangan
R. Rumani Ir.,Drs.,MSEE ; Asep Mulyana ST,MT
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini