IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI PADA JARINGAN VITRUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS IP SECURITY DAN SECURE SOCKER LAYER

DERRY ADHI PRASETYO

Informasi Dasar

114070052
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Jaringan VPN (virtual private network) merupakan koneksi jaringan pribadi melalui jaringan publik (internet). Pembangunan VPN menjadi sebuah solusi untuk menyediakan jaringan pribadi yang aman (secure) dan relatif lebih murah dibanding leased line. Pemilihan protokol VPN akan berpengaruh pada tingkat performansi dan keamanan jaringan tersebut. SSL merupakan salah satu protokol komunikasi pada internet yang menyediakan fasilitas keamanan seperti kerahasiaan, keutuhan dan keabsahan (cryptosystem) pada lapisan transport, akan tetapi tunneling bandwidth SSL cukup besar. Protokol cryptosystem lain adalah IPSec. Berbeda dengan SSL, IPSec bekerja pada lapisan network.

Tugas akhir ini mengimplementasikan jaringan VPN dengan protokol SSL dan IPSec dengan menggunakan sistem operasi yang sama dan dilakukan pada jaringan LAN sederhana dengan menggunakan aplikasi video streaming dan FTP . Dari implementasi tersebut, akan dilakukan pengujian untuk mengetahui performansi masing-masing jaringan VPN serta menguji keamanan masing-masing protokol VPN.

Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penggunaan VPN SSL menghasilkan hasil QOS yang lebih baik daripada VPN IPSec dari segi delay, throughput dan jitter. Sedangkan untuk packet loss baik SSL maupun IPSec memberikan hasil yang sama.

Subjek

NETWORK COMMUNICATION
 

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI PADA JARINGAN VITRUAL PRIVATE NETWORK BERBASIS IP SECURITY DAN SECURE SOCKER LAYER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DERRY ADHI PRASETYO
Perorangan
R. Rumani. M, BcTT, Drs, Ir, MSEE ; Asep Mulyana ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini