IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK PANDUAN PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN TANAMAN OBAT

Kurniawan

Informasi Dasar

114070045
006.76
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tanaman obat adalah alternatif pengobatan yang minim efek samping dibandingkan dengan obat-obat farmasi. Namun, penggunaan tanaman obat untuk pengobatan suatu penyakit kurang populer. Hal tersebut dikarenakan kurangnya informasi dan pengetahuan tentang khasiat tanaman obat serta cara penggunaan tanaman obat tersebut untuk menyembuhkan penyakit.

Dengan bantuan perkembangan teknologi masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat suatu sistem pakar yang dapat memandu khalayak umum tentang penggunaan tanaman obat sebagai pengobatan alternatif. Sistem pakar adalah sebuah sistem berbasis komputer bagian dari kecerdasan buatan yang mampu menyimpan dan menerapakan pengetahuan seorang ahli pakar dalam menyelesaikan suatu permasalahan

Sistem pakar yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan HTML sebagai interface dan mesin inferensi serta menggunakan MySQL sebagai database untuk menyimpan data-data gejala penyakit, nama penyakit, nama tanaman obat, khasiat, serta cara penggunaan tanaman obat tersebut. Pada sistem pakar yang dibangun digunakan gabungan pendekatan forward chaining serta penggunaan metode certainty factor untuk proses penelusuran penyakit sekaligus menunjukkan tingkat ketepatan diagnosa penyakit.

Hasil dari pelaksanaan tugas akhir ini adalah aplikasi sistem pakar sudah mampu mendeteksi penyakit yang diderita oleh user berdasarkan gejala-gejala yang diberikan user sebagai masukan sistem dengan keakuratan dalam diagnosis penyakit yang mencapai 86.67% dan sistem sudah mampu memberikan rekomendasi ramuan tanaman obat serta cara penggunaan ramuan tanaman obat tersebut untuk mengobati penyakit yang diderita dengan keakuratan dalam pemilihan rekomendasi ramuan tanaman obat mencapai 100% berdasarkan alergi/kontraindikasi yang terdapat dalam ramuan tanaman obat tersebut.

Subjek

WEB PROGRAMMING
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR BERBASIS WEB UNTUK PANDUAN PENGOBATAN TRADISIONAL DENGAN TANAMAN OBAT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Kurniawan
Perorangan
Burhanuddin Dirgantara, Ir., MT. ; M. Syaiful Sabril, ST.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini