IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SISTEM KEAMANAN JARINGAN DEMILITARIZED ZONE (DMZ) MENGGUNAKAN INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS)

MULYANA

Informasi Dasar

114070020
621.385 1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Keamanan jaringan adalah salah satu aspek penting dalam dunia internet. Suatu jaringan internal perusahaan membutuhkan keamanan khusus yang dapat menjaga data-data penting dari serangan hacker, salah satu caranya adalah memasang firewall. Demilitarized Zone (DMZ) merupakan salah satu teknik firewall yang mengamankan server internal dari serangan hacker yang berasal dari internet namun tetap mengizinkan akses menuju server pada jaringan DMZ. Secara umum DMZ dibangun dengan tiga konsep, yaitu NAT, PAT, dan Access List. NAT (Network Address Translation) digunakan untuk mentranslasi alamat asli ke alamat internal. PAT (Port Addressable Translation) berfungsi untuk manajamen port. Access List berfungsi sebagai pengatur atau pengontrol lalu lintas dalam jaringan.

Konsep dasar DMZ merupakan three legs firewall yang berarti device dengan tiga interfaces yang menghubungkankan jaringan internet, internal, dan jaringan khusus untuk server. Server pada DMZ dapat bekerja pada seluruh jaringan baik intranet maupun internet. Akses seperti Web Server, DNS, DHCP, Proxy dan lain sebagainya tetap dapat dijalankan. Hacker atau cracker hanya dapat melakukan serangan ke jaringan DMZ, dan tidak dapat mengakses host di jaringan internal. Firewall DMZ dapat diintegrasikan dengan IPS agar dapat melindungi sistem ketika terjadi serangan.

Sistem keamanan yang merupakan integrasi dari DMZ dan IPS diuji menggunakan beberapa parameter yaitu QoS (Quality of Service) dan CIA (Confidentiality, Integrity, and Access List). Hasil pengujian QoS menunjukkan perubahan yang tidak significant, perubahan nilai throughput sebesar 0.5% dan delay sebesar 6.5%. Hasil pengujian CIA menunjukkan IPS mampu menangani serangan DoS, exploit, dan port scanning.

Subjek

NETWORK
NETWORK ANALYSIS,

Katalog

IMPLEMENTASI DAN ANALISIS SISTEM KEAMANAN JARINGAN DEMILITARIZED ZONE (DMZ) MENGGUNAKAN INTRUSION PREVENTION SYSTEM (IPS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MULYANA
Perorangan
YUDHA PURWANTO, ST., MT. ; PURBA DARU, ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini