ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI ROUTING DINAMIS BERBASIS LINK STATE UNTUK VIDEO STREAMING DENGAN DIFFERENTIATED SERVICE DAN RSVP

LUQMAN HAKIM

Informasi Dasar

114070018
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Routing adalah proses dimana suatu router meneruskan paket ke jaringan yang dituju. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju oleh paket. Ada dua cara dalam mengirimkan informasi routing yaitu dengan static routing atau dynamic routing. Pada routing dinamis, ada yang bersifat distance vector dan link state. Contoh jenis protokol routing dinamis yang bersifat link state adalah Open Shortest Path First (OSPF) .

Video Streaming merupakan salah satu layanan real time yang sangat sensitif terhadap delay, dan packet loss. Layanan tersebut juga membutuhkan bandwidth yang cukup besar. Maka dengan adanya Differentiated Service menyediakan diferensiasi layanan dan RSVP yang membua path dan resource sehingga dapat mengatasi penurunan QoS pada layanan video streaming.

Pada tugas akhir ini dilakukan pengimplementasian aplikasi video streaming pada jaringan menggunakan protokol routing OSPF dengan Diffserv dan RSVP. Dengan topologi sederhana menggunakan emulator jaringan, yaitu GNS3. Pada jaringan ini dilakukan analisis kualitas video streaming yang dikirim melalui jaringan dengan mengubah parameter background traffic yang ada dan link failure.

Dari hasil emulasi yang dilakukan didapatkan hasil bahwa penggunaan RSVP dapat menghasilkan QoS yang lebih baik daripada Diffserv dalam segi packet loss, throughput,dan delay. Sedangkan Diffserv dapat menghasilkan jitter yang lebih baik daripada RSVP.

Subjek

System - analis
System - analis, Skripsi,

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN PERFORMANSI ROUTING DINAMIS BERBASIS LINK STATE UNTUK VIDEO STREAMING DENGAN DIFFERENTIATED SERVICE DAN RSVP
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

LUQMAN HAKIM
Perorangan
Joko Haryatno Ir., MT. ; Gelar Budiman ST., MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini