ANALISIS DAN IMPLEMENTASI VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN ALGORITMA CLASS BASED QUEUEING (CBQ) PADA LAN

Doly Junjungan Mangapul Nainggolan

Informasi Dasar

114070016
006.696
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Video streaming merupakan salah satu layanan informasi yang terkenal dan sangat sering diakses oleh orang banyak dewasa ini. Video streaming memungkinkan kita mendapatkan informasi dalam bentuk video pada suatu jaringan tanpa harus mendownloadnya terlebih dahulu. Layanan video streaming bersifat real time dan sangat dipengaruhi kondisi jaringan. Oleh karena itu untuk mendapat kualitas yang baik, kebutuhan akan bandwidth untuk video streaming menjadi lebih besar dibandingkan dengan layanan lainya seperti HTTP, FTP, POP3, dan lain-lain.Sehingga, salah satu solusinya yaitu dengan diterapkannya manajemen bandwidth yang mampu menjamin bandwidth untuk tiap-tiap user dan untuk tiap-tiap layanan aplikasi pada suatu jaringan sekalipun pada trafik yang padat.

Manajemen bandwidth merupakan cara atau suatu teknik penanganan alokasi bandwidth sesuai dengan kebutuhan user maupun aplikasi pada suatu jaringan. Dengan manajemen bandwidth, setiap user akan mendapatkan jatah bandwidth yang adil dan sesuai, sehingga tidak terjadi perebutan bandwidth antar user maupun aplikasi yang nantinya berpengaruh terhadap utilitas jaringan. Dan juga dapat menjadi solusi ideal untuk penanganan berbagai layanan aplikasi termasuk video streaming. Hal tersebut sangat penting, mengingat bandwidth merupakan salah satu kebutuhan vital dalam suatu jaringan.

Pada tugas akhir ini, diimplementasikan penggunaan algoritma antrian Class Based Queueing (CBQ) pada sistem operasi Linux untuk manajemen bandwidth pada layanan FTP, HTTP dan video Streaming khususnya. Algoritma CBQ dileaf dengan algoritma antiran FIFO, SFQ dan TBF yang merupakan tipe classless. Sehingga, dari hasil didapatkan bahwa CBQ-fifo dan CBQ-sfq memiliki performansi yang lebih baik dibanding CBQ-tbf pada semua skenario dengan throughput 17 % lebih besar untuk 1 client dan 38 % lebih besar untuk 3 client, delay 10 % lebih kecil untuk 1 client dan 29 % lebih kecil untuk 3 client, jitter yang sama untuk 1 client dan 28 % lebih kecil untuk 3 client, dan dengan 0 % packet loss untuk 1 client maupun 3 client.

Subjek

VIDEO STREAMING
 

Katalog

ANALISIS DAN IMPLEMENTASI VIDEO STREAMING MENGGUNAKAN ALGORITMA CLASS BASED QUEUEING (CBQ) PADA LAN
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Doly Junjungan Mangapul Nainggolan
Perorangan
R.Rumani, Ir, Drs, MSEE. ; Asep Mulyana, ST, MT.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2012

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini