Analisis dan Perancangan Mobile Game Berbasis J2ME Menggunakan Algoritma A*

I Gede Suarsana

Informasi Dasar

114070015
003
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Game adalah bentuk karya seni, dimana peserta yang disebut pemain membuat keputusan untuk mengelola sumber daya yang dimilikinya untuk mencapai tujuan. Selain itu tujuan dari game tersebut adalah untuk menuangkan suatu ide pikiran ke dalam program. Game-game tersebut diantaranya : RPG(Role Playing Game), race, simulation, dan fighting. Diantara game tersebut dibutuhkan penanganan letak setiap objek(pemain atau lawan). Objek tersebut tentunya akan berinteraksi dengan objek lain, objek tersebut berinteraksi dengan cara mencari jalur agar dapat mendekati posisi sasarannya. Dengan mendekati letak atau posisi dari sasarannya maka objek tersebut akan lebih mudah untuk melakukan aksinya baik berupa serangan atau yang lainnya.

Salah satu metode untuk mencari posisi atau letak sasaran adalah dengan melakukan teknik pencarian (searching). Teknik pencarian yang digunakan adalah teknik pencarian heuristic, yaitu teknik pencarian yang mengandung informasi tambahan. Salah satu metoda dari teknik pencarian tersebut adalah algoritma A*. Algoritma tersebut akan mencari jalur dari start point ke goal point yang telah ditentukan sebelumnya. Algoritma pencarian tersebut bekerja dengan cara membentuk simpul-simpul sebagai representasi dari ruang lingkup pencarian. Pencarian goal point tersebut adalah dengan memanfaatkan parameter cost(biaya). Cost yang diharapkan adalah cost yang optimal sehingga penelusuran jalur yang dihasilkan menjadi lebih efisien . Untuk mengetahui kelebihan dari algoritma A* tersebut maka akan dilakukan perbandingan dengan algoritma pencarian heuristic yang lainnya. Kemudian setelah dilakukan pengujian maka cost yang dihasilkan oleh algoritma A* adalah lebih optimal. Hal tersebut dikarenakan algoritma A* memperhatikan dua parameter yaitu actual cost dan heuristic cost.

Untuk kedepannya diharapkan dilakukan pengembangan terhadap metode ini sehingga dapat memberikan hasil yang lebih optimal.

Subjek

System - analis
TECHNOLOGY, Skripsi,

Katalog

Analisis dan Perancangan Mobile Game Berbasis J2ME Menggunakan Algoritma A*
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Gede Suarsana
Perorangan
Budhi Irawan,S.Si,MT ; Purba Daru Kusuma, MT
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini